Piala AFF 2022: Malaysia Bungkam Thailand di Bukit Jalil

Para pemain Malaysia merayakan gol ke gawang Thailand. (Dok. Getty Image)

Kuala Lumpur, MINA – sukses membungkam juara bertahan pada leg pertama semifinal 2022 di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Sabtu (7/1). Di depan publik sendiri, Malaysia unggul 1-0 atas Skuad Gajah Putih.

Satu-satunya gol kemenangan Malaysia dicetak oleh Faisal Halim pada menit ke-18. Gol bermula dari umpan panjang yang dilepaskan Sharul Nazeem. Bola diterima Ruventhiran yang langsung memberikan umpan lewat sundulan kepada Faisal Halim di depan gawang.

Faisal yang menerima umpan melepaskan sontekan ringan. Bola sukses meluncurkan ke bagian sela-sela kaki kiper Thailand.

Usai gol itu, Thailand langsung mengurung pertahanan Malaysia. Namun, kedisiplinan para pemain bertahan Malaysia membuat para penyerang Thailand frustrasi dan sering membuat kesalahan sendiri.

Keasyikan menyerang, Thailand dikejutkan dengan serangan balik cepat pada menit ke-28. Malaysia nyaris menggandakan keunggulan andai sepakan Quenting Cheng yang sudah berhadapan dengan kiper Thailand tidak melayang tipis di atas mistar.

Pada babak kedua, Thailand berinisiatif melakukan serangan. Sementara Malaysia hanya menunggu di area pertahanan sendiri.

Malaysia kembali membobol gawang Thailand pada menit ke-55. Dominic Tan menanduk masuk bola tembakan bebas.

Laga sempat terhenti setelah ada keributan di antara kedua tim. Thailand menilai ada pelanggaran terlebih dahulu sebelum gol Malaysia terjadi.

Wasit memutuskan gol Dominic Tan tidak sah. Darren Lok dianggap melakukan pelanggaran yang mengganggu kiper Thailand, Kittipong Phuthawchueak.

Setelah itu, Thailand tidak memberi Malaysia kesempatan untuk menyerang. Jawara Piala AFF 2020 ini terus menggempur pertahanan Malaysia.

Terus menerima tekanan, Malaysia mencoba peruntungannya dengan melakukan umpan panjang, namun para pemain bertahan Thailand tak memberi celah.

Pada menit ke-83, Thailand memiliki peluang emas. Bordin Phala berhasil melewati dua pemain bertahan Malaysia dan menusuk sisi kiri pertahanan.

Upaya yang dilakukan Bordin Phala harus dihentikan oleh tekel dari Sharul Nazeem. Para pemain Thailand sempat protes karena dinilai sebuah pelanggaran, namun wasit asal Korea Selatan bergeming.

Hingga peluit akhir ditiup, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Malaysia. Ini menjadi modal berharga di leg kedua Semifinal Piala AFF 2022 di Thailand pada Selasa, 10 Januari 2023 esok.

Susunan Pemain

Malaysia: Syihan Hazmi; Dominic Tan, Ruventhiran Vengadesan, Sharul Nazeem, Quentin Cheng; Lee Tuck, Faisal Halim, Stuart Wilkin, Brendan Gan; Safawi Rasid, Darren Lok.

Thailand: Kittipong Phuthawchueak; Sasalak Haiprakhon, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Suphanan Bureerat; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Ekanit Panya, Theerathon Bunmathan, Peeradon Chamrasamee; Teerasil Dangda. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.