Piala Asia 2019: Irak Raih Kemenangan Dramatis atas Vietnam 3-2

Abu Dhabi, MINA – Irak meraih kemenangan secara dramatis atas Vietnam dengan skor tipis 3-2 di laga pertama Grup D Piala Asia 2019 yang berlangsung di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Selasa (8/1) malam WIB.

Kemenangan itu, sekaligus mengantarkan Irak berada di urutan kedua dalam klasemen sementara Grup D, berada di bawah Iran yang berada di puncak klasemen setelah menang telak 5-0 atas Yaman.

Pertandingan tersebut pun berjalan dramatis dengan sengit antara keduanya, saling balas membalas, demikian keterangan pers AFC yang dikutip MINA pada Rabu (9/1).

Vietnam pun sempat unggul terlebih dahulu pada menit 24. Gol pertama Vietnam tersebut terjadi akibat gol bunuh diri yang dilakukan pemain Irak, Ali Faez Atiyah. Vietnam unggul 1-0.

Tak tinggal diam, Irak mampu menyamakan kedudukan pada menit 35 melalui gol Muhanad Ali. Gol terjadi setelah Ali menembakkan bola dari tengah kotak penalti dengan kaki kanannya. Irak pun membuat keadaan imbang menjadi 1-1.

Tetapi jelang laga babak pertama usai, Vietnam kembali memimpin skor. Pada menit 42, Nguyen Cong Phuong membawa Vietnam unggul 2-1. Tendangannya ke arah sudut kanan bawah gawang berhasil menutup babak pertama untuk keunggulan Vietnam.

Pada babak kedua, Irak berhasil menyamakan kedudukan pada menit 63. Gol tersebut dicetak Humam Tariq yang melakukan tembakan melalui kaki kanannya. Gol Tariq pun sukses membuat keadaan imbang 2-2.

Laga yang nyaris ditutup dengan hasil imbang 2-2, mampu diubah Irak pada menit 90. Adalah Ali Adnan yang mengubah keadaan imbang menjadi kemenangan untuk Irak dengan skor akhir 3-2. Hasil tersebut memastikan Irak meraih tiga poin pada laga perdana Grup D Piala Asia 2019.

Pada pertandingan selanjut Irak akan menghadapi Yaman di Stadion Sharjah pada Sabtu (12/1), sementara Vietnam akan menghadapi Iran di Abu Dhabi pada hari yang sama.(T/Gun/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)