Pidato Tahunan, Jokowi Bicara Kemandirian Energi di Tengah Krisis

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini Indonesia sedang berupaya membangun kemandirian energi di tengah pandemi Covid-19. Ia mencontohkan upaya itu melalui program pencampuran biodiesel 30 persen atau B30.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam pidatonya pada acara Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR & DPD RI 2020 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

“Upaya besar juga telah dan sedang dilakukan untuk membangun kemandirian energi. Tahun 2019, kita sudah berhasil memproduksi dan menggunakan B20. Tahun ini kita mulai dengan B30, sehingga kita mampu menekan nilai impor minyak kita di tahun 2019,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, saat ini Pertamina sedang bekerja sama dengan sejumlah peneliti untuk menghasilkan D100 atau bahan bakar diesel 100 persen yang berasal dari minyak kelapa sawit dalam dua kilang.

“Ini akan menyerap minimal 1 juta ton sawit produksi petani untuk kapasitas produksi 20 ribu barel per hari,” jelasnya.

Untuk mencapai upaya-upaya itu, menurut Jokowi, pola kerja juga harus memprioritaskan efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi.

“Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan. Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan,” katanya. (L/R2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)