Pimpinan DPR RI Dukung Rencana Aksi Bela Palestina di Monas

Jakarta, MINA – Pimpinan DPR RI mendukung Aksi Indonesia Bersatu Bela Palestina atau yang disingkat dengan pada Ahad (17/12).

Hal tersebut terungkap saat Wakil Ketua DPR RI, dan Fahri Hamzah menerima Perwakilan dari GNPF (Gerakan nasional pembela fatwa) MUI (Majelis Ulama Indonesia) di ruang rapat Pimpinan DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/12).

“Saya kira Aksi Bela Palestina ini atau Indonesia Bersatu Bela Palestina ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia,” ujar Fadli.

“Ini Komitmen sebagai bentuk dukungan seluruh rakyat Indonesia (tidak hanya umat Islam) terhadap kemerdekaan Palestina. Sekaligus sebagai sebuah bentuk penolakan terhadap pengakuan sepihak dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengakui Yerussalem sebagai ibukota Israel,” tegasnya.

Dikutip dari rilis DPR RI, Fadli mengatakan, pihaknya meyakini di DPR hampir seluruh fraksi dalam sidang Paripurna beberapa hari lalu sudah menyampaikan penolakannya terhadap pengakuan Donald Trump yang dianggapnya menimbulkan kegaduan baru.

“Kami akan suarakan ini di forum-forum internasional, apa yang menjadi resolusi teman-teman di DPR, begitu juga dalam forum-forum yang akan dihadiri oleh DPR dalam waktu dekat ini.  Seperti Troika Meeting (Parliamentary Union of the Organization of the Islamic Cooperation Member States’ (PUIC)), di di Teheran pada 18 Desember mendatang,” papar Fadli.

Meski demikian, Fadli menolak pendapat yang meminta pemerintah untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat.

Pasalnya, apa yang dilakukan Presiden Donald trump belum tentu menjadi sikap pemerintah Amerika serikat secara keseluruhan. Hal tersebut bisa saja sebagai sebuah langkah politik pribadi di dalam negerinya. (R/R05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)