Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PLO AKAN HENTIKAN HUBUNGAN DENGAN ISRAEL

Rana Setiawan - Selasa, 22 Desember 2015 - 09:28 WIB

Selasa, 22 Desember 2015 - 09:28 WIB

367 Views

Sekretaris Jenderal PLO Saeb Erekat. (Foto: MEMO)
Sekjen <a href=

PLO Saeb Erekat. (Foto: MEMO)" width="300" height="200" /> Sekjen PLO Saeb Erekat. (Foto: dok. MEMO)

Ramallah, 11 Rabi’ul Awwal 1437/22 Desember 2015 (MINA) – Sekretaris Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat mengatakan, hubungan diplomatik antara Otoritas Palestina (PA) dan Israel secara resmi akan berakhir pada awal 2016, demikian laporan Palsawa.com.

Berbicara kepada stasiun radio lokal Palestina Al-Quds Erekat mengatakan, PLO akan menghentikan semua hubungan dengan negara ilegal entitas Zionis, termasuk kerjasama keamanan, pada awal tahun depan.

Dia mencatat, keputusan itu merupakan respon terhadap keputusan terbaru dari Otoritas Pendudukan Israel mengenai pembangunan permukiman ilegal dan Yahudisasi Kota Al-Quds lebih lanjut.

“Tidak ada keraguan dalam hal ini,” tegasnya, demikian laporan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (22/12).

Baca Juga: Fatah: Joe Biden Dukung Israel Bunuh Warga Palestina

Erekat mengatakan, keputusan untuk memotong hubungan diambil pada Maret lalu, tapi pelaksanaannya ditunda sampai setelah “diskusi dengan kekuatan Arab dan regional mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut, karena kekhawatiran semua masalah Palestina”.

Dia juga menegaskan, Palestina hadir pada agenda semua negara Arab dan Uni Eropa, meskipun adanya kesibukan mereka berkaitan dengan urusan internal.

Mengenai berkas-berkas pada Mahkamah Pidana Internasional (ICC) terhadap Israel, Erekat mengatakan, komite yang bertanggung jawab telah melakukan yang terbaik untuk mengajukan keluhan resmi mengenai kejahatan Israel terhadap Rakyat Palestina.

“Kami telah mencapai stadium lanjut dalam hal ini,” katanya. “Kami berupaya mengajukan keluhan atas kejahatan Israel di Gaza selama perang tahun lalu, eksekusi lapangan di Tepi Barat, kelanjutan dari permukiman dan isu-isu lainnya.”

Baca Juga: WHO Ingatkan Penyebaran Polio di Gaza 

Dia mencatat, komite sedang mempersiapkan kehadiran Dewan Yudisial ICC untuk mengunjungi wilayah Palestina guna memonitor situasi di kawasan itu.(T/R05/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Perlawanan Palestina Pukul Mundur Tentara Zionis dari Tulkarem

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Palestina