PM Malaysia Anwar Ibrahim Segera Umumkan Susunan Kabinet

Kuala Lumpur, MINA – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan mengungkap susunan kabinetnya malam ini, Jumat, (2/12).

Pengumuman itu dikonfirmasi oleh Kantor Perdana Menteri, dan acara tersebut akan disiarkan secara langsung, demikian dikutip dari FreeMalaysiaToday (FMT).

Pada Jumat (2/12) pagi, Anwar bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong selama hampir satu jam, dan diyakini telah menyampaikan usulan susunan kabinetnya.

Anwar mengatakan, dia akan mengungkap Kabinet “sesegera mungkin”, meminta kesabaran mengingat pemerintah yang dia pimpin terdiri dari banyak partai.

“Saya harus mendengar semua pandangan (mereka) sebelum memutuskan. Masalah lainnya adalah Kabinet akan dirampingkan,” kata Anwar, seraya menambahkan bahwa ini berarti diperlukan pembahasan lebih lanjut.

Pada Rabu, sebuah sumber mengatakan kepada FMT akan ada dua wakil perdana menteri dalam Kabinet Anwar yang beranggotakan 25 orang. Mereka berasal dari Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Barisan Nasional, khususnya Umno.

PKR, Umno, DAP, dan GPS kemungkinan besar akan diberi pos kementerian paling banyak. Warisan, Amanah dan Upko juga dijadwalkan masuk Kabinet.

Sebelumnya hari ini, ketua DAP Lim Guan Eng menyatakan bahwa dia bersedia melayani negara dalam kapasitas apa pun, di tengah berkembangnya spekulasi bahwa dia tidak akan dimasukkan dalam Kabinet Anwar.

Lim mengatakan, dia telah berulang kali ditanya oleh media dalam pembicaraan bahwa dia akan ditinggalkan, tetapi menurutnya hal itu sepenuhnya hak prerogatif perdana menteri. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)