PM Muhyiddin Harap Warga Malaysia Terima Keputusan Raja

Petaling Jaya, MINA – Perdana Menteri baru Malaysia, Muhyiddin Yassin mengatakan, ia berharap publik dapat menerima keputusan Raja tentang pengangkatan dirinya sebagai Perdana Menteri Ke-8 negara itu.

Pengumuman Raja mengakhiri kebuntuan politik selama sepekan tanpa pemerintahan usai pengunduran diri PM Mahathir Mohammad.

“Saya berharap semua orang Malaysia menerima keputusan yang diumumkan oleh Istana Negara hari ini,” kata Presiden Presiden Partai Pribumi Bersatu (PPBM) Malaysia kepada wartawan di kediamannya setelah pengumuman. Free Malaysia Today melaporkan Sabtu (29/2).

“Saya bersyukur kepada Allah karena dianugerahi jabatan perdana menteri kedelapan dengan izin dan persetujuan Yang di-Pertuan Agong. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Agong dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah memberi saya dukungan moral,” tambah mantan wakil perdana menteri itu.

Ia akan dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Perdana Menteri besok Ahad (1/3) pukul 10.30 di Istana Negara Malaysia.

Sebelumnya, Yang di-Pertuan Agong telah mengadakan pembicaraan dengan semua anggota parlemen pada hari Selasa dan Rabu untuk menetapkan siapa yang mereka inginkan sebagai Perdana Menteri atau apakah akan menyerukan pemilihan umum segera.

Muhyiddin didukung oleh mayoritas dalam PPBM dan juga mendapat dukungan dari Barisan Nasional dan PAS.

Presiden PAS Abdul Hadi Awang, Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi dan mantan wakil presiden PKR Azmin Ali ikut menemani Muhyiddin ke istana pagi ini saat diminta audiensi dengan Agong.

Dengan 222 kursi di Dewan Rakyat, perdana menteri perlu mendapatkan dukungan setidaknya 112 suara untuk mayoritas sederhana.

Sekretaris Jenderal PAS, Takiyuddin Hassan, mengatakan koalisi Muhyiddin telah mendapatkan angka tersebut.

“PAS mengucapkan selamat kepada Muhyiddin karena terpilih dalam proses demokrasi yang tidak perlu dipertanyakan oleh pihak mana pun,” katanya.

“Kami memiliki 114 dari 222 anggota parlemen. Kami telah melewati batas. Ini bukan pemerintahan minoritas, dan 114 anggota parlemen adalah mayoritas,” tambahnya.

Mantan Perdana Menteri Najib Razak mengirim pesan ucapan selamat kepada Muhyiddin melalui akun Facebook, disertai dengan gambar, mengatakan: “Selamat berkhidmat.” (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)