PM Palestina Rami Hamdallah Mengundurkan Diri

, MINA – Rami Hamdallah telah mengundurkan diri, Selasa (29/1), hanya beberapa hari setelah Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas mengumumkan rencana untuk membentuk pemerintahan baru.

Dalam sebuah pernyataan hari ini, juru bicara PA Yusuf Al-Mahmoud mengatakan, “perdana menteri dan menterinya menyambut [Fatah, faksi Palestina yang mendominasi keputusan PA] untuk membentuk pemerintahan baru.”

“Perdana Menteri Rami Hamdallah telah menempatkan pemerintahannya pada membantu (tugas) Presiden Otoritas [Abbas],” tambah Al-Mahmoud, demikian MEMO melaporkan.

Hamdallah membenarkan pernyataan itu dalam sebuah ciutan di akun resmi Twitter-nya, menulis: “Kami menempatkan pemerintahan kami pada membantu Presiden Mahmoud Abbas dan kami menyambut rekomendasi Komite Sentral Fatah untuk membentuk pemerintahan baru.”

Pengunduran diri Hamdallah terjadi menyusul permintaan Abbas akhir pekan ini setelah yang terakhir mengumumkan bahwa pemerintah baru Palestina akan dibentuk.

Para pengamat telah melihat ini sebagai upaya Fatah untuk memperkuat cengkeramannya atas PA setelah menurunnya dukungan rakyat dan tantangan dari faksi-faksi Palestina lainnya, yaitu Hamas – yang memerintah Jalur Gaza yang terblokade.

Meskipun Hamdallah berafiliasi dengan Fatah, dia tidak memegang posisi resmi dalam organisasi. Beberapa pemimpin Fatah telah kecewa dengan kinerjanya sebagai perdana menteri, mengarahkan mereka untuk mencari alternatif yang lebih “ramah”, Jerusalem Post melaporkan.

Meskipun belum jelas siapa yang akan memimpin pemerintahan baru, beberapa nama yang menjadi pengganti PM Rami muncul, termasuk: Menteri Dewan Ekonomi Palestina Mohammed Shtayyeh; Sekretaris Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat; dan Anggota Komite Eksekutif Fatah Azzam Al-Ahmed.

Pemerintahan baru Abbas hanya akan terdiri dari anggota PLO, organisasi payung simbolis yang terdiri dari sejumlah faksi Palestina. Namun, karena Hamas dan Jihad Islam bukan bagian dari PLO, mereka tidak akan dimasukkan dalam pemerintahan baru.

Langkah ini telah ditafsirkan sebagai upaya yang disengaja untuk mengecualikan Hamas – yang memenangkan pemilihan Dewan Legislatif Palestina (PLC) pada 2006 lalu – dari kabinet pemerintah.

Hamas telah mengecam rencana Abbas, dengan juru bicara gerakan itu Fawzi Barhoum mengatakan, seruan Fatah untuk membentuk pemerintah baru yang terdiri dari faksi PLO akan memperkuat perpecahan antara Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Juru bicara Hamas lainnya, Hazem Qassem, menyebut tindakan itu sebagai pukulan keras terhadap upaya untuk mencapai persatuan nasional Palestina.

Faksi-faksi Palestina lainnya telah menolak untuk mengambil bagian dalam pembentukan pemerintahan baru, termasuk Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP) dan Front Demokrasi untuk Pembebasan Palestina (DFLP).

Fatah dan Hamas telah terlibat dalam perseteruan pahit sejak kemenangan yang terakhir dalam pemilihan PLC. Ketika Fatah menolak untuk menyerahkan kendali atas pemerintahan, terjadi perang saudara antara Hamas dan Fatah di Jalur Gaza. Hamas muncul sebagai pemenang dan telah memerintah daerah kantong yang diblokade sejak 2007.

Pemerintah PA saat ini telah ada sejak pertengahan 2014 dan dimaksudkan untuk bertindak sebagai “pemerintah persatuan nasional” setelah kesepakatan rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas. Namun, kesepakatan itu dengan cepat terhenti setelah agresi Israel di Gaza tahun 2014.

Sejak itu, Abbas telah menolak keterlibatannya dengan Hamas, menjatuhkan sanksi pada Jalur Gaza, menolak mengadakan pemilihan dan membubarkan PLC.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.