PM Turki Akan Kunjungi Bangladesh

Kamp Pengungsian di Bangladesh (dok: AA)

Ankara, MINA – Perdana Menteri Turki Binali Yildirim  akan melakukan kunjungan resmi selama dua hari ke Dhaka pekan depan atas undangan Perdana Menteri Bangladesh Hasina Wajed, pada 19-20/12 mendatang, demikian diumumkan pada Sabtu (16/12).

Hasina mengatakan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim akan mengadakan sejumlah pertemuan tingkat tinggi selama kunjungannya. Demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Hubungan Bangladesh dan Turki didasarkan pada persahabatan dan persaudaraan, karena itu diharapkan dapat dibahas secara komprehensif, dan juga membahas isu-isu regional, khususnya Rohingya yang mengakibatkan lebih dari 600.000 warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh.

Yildirim juga akan mengunjungi ke Cox’s Bazar di tenggara Bangladesh sebuah wilayah yang menampung ratusan ribu pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari tindakan militer di Myanmar.

Sekitar 650.000 muslim Rohingya telah menyeberang dari Myanmar ke Bangladesh sejak 25 Agustus, menurut data resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Yildirim akan mengunjungi kamp-kamp di mana umat Muslim Rohingya berlindung, mengamati situasi pengungsi dan membicarakan upaya bantuan kemanusiaan oleh kelompok internasional bersamaan dengan Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA), Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), dan Agama Turki Direktorat Urusan di wilayah tersebut. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.