PMI Kembali Distribusikan Paket Kebersihan di Rafah Gaza

, MINA – Agresi militer yang terus meningkat di wilayah permukiman pengungsi di Rafah menyebabkan dampak penderitaan yang luar biasa bagi warga .

Tekanan kekerasan dan penindasan pihak Israel yang sudah di luar batas perikemanusiaan ini, membuat semakin memprihatinkan, banyak pengungsi yang kelaparan, kesulitan air bersih, kesulitan akses peralatan kebersihan, serta terjangkit penyakit akibat turunnya kondisi tubuh dan lingkungan kotor yang sangat mengancam kehidupan.

Menanggapi kondisi tersebut, bekerjasama dengan Lembaga di Rafah Gaza kembali mendistribusikan paket kebersihan (Hygiene Kits) dari tenda ke tenda.

Hal ini untuk membantu warga pengungsi yang memerlukan sarana / paket perlengkapan kebersihan yang saat ini memang sangat diperlukan.

Baca Juga:  Mahasiswa Generasi Baru di AS Beri Harapan kepada Palestina

Arifin Muh Hadi, Kepala Markas PMI Pusat kepada media menjelaskan bahwa Hygiene kits (Paket Kebersihan) ini sangat diperlukan oleh pengungsi.

Sementara itu, mereka tidak dapat memberi peralatan paket kebersihan mandi, cuci dan kakus ini karena tidak adanya uang dan juga stok barang.

“Kami berharap dengan adanya Paket Kebersihan (Hygiene kits) ini, para pengungsi tetap dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya sehari hari.

Pendistribusian paket kebersihan ini adalah bagian dari upaya proteksi untuk memastikan setiap orang mendapatkan akses kebutuhannya dan mendorong mereka untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” kata Arifin yang juga sebagai Ketua Tim PMI untuk Misi Kemanusiaan Gaza, Sabtu (18/2).

Baca Juga:  Israel Buka Kembali Penyeberangan Erez ke Gaza

Menurutnya, distribusi yang dilakukan kali ini adalah paket kebersihan yang kedua, setelah Tim Kemanusiaan PMI sebelumnya juga mendistribusikan paket kebersihan serupa bagi para pasien dan keluarganya yang di rawat di Rumah Sakit Palestine di Cairo Mesir beberapa waktu yang lalu.

“Walaupun situasinya sangat sulit, namun kami tetap berupaya agar bantuan kemanusiaan ini tetap terus dapat disalurkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ridwan Sobri Carman Kepala Divisi Penanggulangan Bencana menyatakan, bantuan paket hygiene kits untuk keluarga dikemas dan didistrubusikan dalam plastik ini berupa tissue, handuk, sikat gigi, pasta gigi, sandal, sabun mandi, sabun cuci, sampo, tissue dan lain lain.

“Pendistribusian hygiene kits untuk paket keluarga ini kami lakukan secara langsung bagi Warga Pengungsi di Rafah Gaza yang saat ini masih tinggal di tenda tenda pemukiman darurat,” kaya Ridwan kepada media secara online dari Kairo Mesir. (T/R4/P1)

Baca Juga:  Jenazah 58 Syuhada Palestina Masih dalam Tahanan Israel

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.