Polda Aceh Jamin Keamanan Mahasiswa Papua dan Papua Barat

Banda , MINA – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh siap memberikan jaminan keamanan dan perlindungan kepada dan Papua Barat, yang sedang menuntut ilmu di universitas yang ada di Aceh.

Kepala Bidang Humas mengatakan, jaminan tersebut untuk mengantisipasi tidak adanya kelompok atau organisasi masyarakat melakukan persekusi maupun diskriminasi terhadap mahasiswa Papua dan Papua Barat di Aceh.

“Jaminan keamanan ini sekaligus mengantisipasi adanya isu yang tidak benar tentang rencana pemulangan mahasiswa Papua dan Papua Barat dari seluruh kota di Indonesia,” kata Kombes Pol Ery Apriyono dalam keterangannya di Aceh, Senin (9/9).

Ery menyebutkan, mahasiswa Papua dan Papua Barat di Aceh mencapai 105 orang, terdiri atas 68 orang kuliah di Kota Banda Aceh, dan 37 orang kuliah di Kota Lhokseumawe.

“Polda Aceh telah melakukan pendekatan persuasif dan merangkul mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Aceh,” ungkapnya.

Menurut Kombes Pol Ery Apriyono, upaya tersebut dilakukan Polda Aceh dalam rangka menyikapi dinamika perkembangan situasi keamanan ketertiban masyarakat di Provinsi Papua dan Papua Barat yang masih salam tahap pemulihan.

“Polda Aceh menunjuk dua personel sebagai mentor para mahasiswa Papua dan Papua Barat. Kedua personel polri tersebut memahami kultur budaya Indonesia bagian timur yang simpatik dan bersahabat,” sebutnya.

Selain itu, kata Ery, Polda Aceh juga mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, dan para pemangku kebijakan lainnya untuk merangkul dan menggalang mahasiswa dari Papua dan Papua Barat. (L/AP/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.