Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Polisi AS Tangkap Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Chicago

kurnia Editor : Widi Kusnadi - Rabu, 21 Agustus 2024 - 19:55 WIB

Rabu, 21 Agustus 2024 - 19:55 WIB

14 Views ㅤ

Ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina berbaris di kota Chicago, AS, pada hari pembukaan Konvensi Nasional Demokrat. (Foto: Press Tv)

Chicago, MINA – Polisi Amerika Serikat telah menangkap puluhan pengunjuk rasa pro-Palestina di luar konsulat rezim Israel di Chicago saat mereka menuntut diakhirinya serangan Zionis Israel selama berbulan-bulan di Jalur Gaza yang terkepung.

Kekerasan tersebut terjadi pada Selasa (20/8) malam di tengah bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa di luar Menara Accenture Chicago, yang menampung misi diplomatik, demikian Press Tv.

Juru bicara National Lawyers Guild mengatakan, sedikitnya 67 orang, termasuk dua wartawan, ditahan.

Demonstrasi, yang diselenggarakan oleh kelompok Behind Enemy Lines, menyaksikan para pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel dan memukul drum saat seorang peserta membakar bendera Amerika di jalan sebagai bentuk protes atas dukungan tak terkendali dari pemerintahan Presiden AS Joe Biden terhadap perang genosida Israel di Gaza.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa di Chicago Tuntut Akhiri Dukungan AS kepada Israel

Saat polisi memasukkan sekelompok tahanan ke dalam mobil van, beberapa dari mereka dilaporkan meneriakkan “bebaskan Palestina” dalam seruan para pendukung yang berdiri di samping di luar garis polisi.

Diantara mereka yang ditangkap adalah fotografer Sinna Nasseri, yang karyanya telah dimuat di New Yorker dan New York Times.

Penangkapan tersebut terjadi pada malam hari yang sama ketika delegasi Konvensi Nasional Demokrat (DNC) secara resmi mencalonkan Kamala Harris sebagai calon presiden partai tersebut.

Chicago menjadi saksi berbagai demonstrasi oleh Behind Enemy Lines untuk mendukung warga Palestina di Gaza dan mengecam dukungan pemerintahan Biden terhadap Israel selama konvensi pencalonan. Demonstrasi tersebut menuntut gencatan senjata segera dan permanen di Gaza serta embargo senjata terhadap rezim pendudukan.

Baca Juga: Rektor Universitas Columbia AS Mundur Saat Ramai Protes Gaza

“Baik itu Genocide Joe, atau Killer Kamala, para penjagal Gaza tidak boleh dibiarkan berkumpul di Chicago tanpa gangguan,” kata kelompok itu di situs webnya.

Setidaknya 19 pengunjuk rasa pro-Palestina ditangkap di Chicago pada Senin (19/8), karena apa yang diklaim sebagai pelanggaran pagar keamanan luar di tempat penyelenggaraan DNC.

Israel melancarkan serangan berdarah di Gaza pada 7 Oktober 2023 setelah operasi bersejarah oleh kelompok perlawanan Hamas Palestina terhadap entitas perampas kekuasaan sebagai balasan atas kekejamannya yang meningkat terhadap rakyat Palestina.

Sejauh ini, rezim Tel Aviv telah menewaskan sedikitnya 40.173 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai 92.857 lainnya.

Baca Juga: Ilhan Omar Menang Pemilihan Pendahuluan Demokrat di Minnesota

AS tetap menjadi sekutu terpenting Israel dan pemasok senjata terbesar. AS telah menyediakan senjata dan dukungan intelijen bagi Israel selama perang Gaza dan memblokir resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di wilayah Palestina yang terkepung.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Gedung Putih: Pembalasan Iran Atas Syahidnya Haniyeh Mungkin Pekan Ini

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Eropa
Palestina
Internasional
Dunia Islam
Khutbah Jumat
Palestina
MINA Health
Indonesia
MINA Health