Polisi Bangladesh Tahan 24 Rohingya yang Hendak Melarikan Diri

Bhasan Char, MINA – Polisi Bangladesh menahan 24 orang lebih pengungsi Rohingya yang hendak melarikan diri dari pulau Bhasan Char, Teluk Benggala, pulau yang dijadikan kamp menampung pengungsi-pengungsi Rohingya.

“Kami menahan 24 pengungsi Rohingya yang berusaha melarikan diri dari Bhasan Char ke Chattogram melalui daerah Sandip. Setelah interogasi utama, kami menyerahkan para pengungsi kepada pejabat pengungsi setempat untuk mengirim mereka kembali ke kamp,” kata Md. Shahidul Islam, kepala Polisi Distrik Noakhali, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (2/10).

Ia mengatakan, hidup di pulau terpencil itu sulit. Pengungsi sering melarikan diri dari pulau untuk bertemu anggota keluarga dan kerabat mereka yang tinggal di kamp pengungsi Cox’s Bazar.

Menurut catatan resmi, telah sekitar 300 pengungsi mencoba melarikan diri dari Bhasan Char, sementara sekitar 500 hingga 600 Rohingya berhasil melarikan diri.

Awal pekan ini, polisi menangkap 35 pengungsi Rohingya yang berusaha melarikan diri dari pulau itu, yang terletak 50 kilometer (31 mil) di lepas pantai barat daya Bangladesh dan hampir 193 kilometer (120 mil) selatan ibu kota Dhaka.

Pemerintah Bangladesh membangun 1.400 rumah cluster besar dengan balok beton dan 120 tempat perlindungan siklon bertingkat di pulau itu. Setiap rumah cluster terdiri dari 16 kamar.

Bangladesh telah merelokasi sekitar 20.000 pengungsi Rohingya ke pulau terpencil tersebut meskipun ada pertentangan dari badan-badan PBB, kelompok hak asasi manusia dan para pengungsi itu sendiri.

Bangladesh menampung sekitar 1,2 juta pengungsi Rohingya di kamp-kamp pengungsi di distrik selatan Cox’s Bazar yang melarikan diri dari Negara Bagian Rakhine Myanmar akibat tindakan brutal militer Myanmar pada Agustus 2017. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.