Politisi Maroko: AS Gunakan Intimidasi ‘Deal of Century’

Rabat, MINA – Seorang Anggota Sekretariat Partai Keadilan dan Pembangunan di Maroko, Abdelaziz Aftati, mengatakan, Amerika Serikat (AS), menggunakan intimidasi serta pemerasan dengan file yang disebut ‘Deal of Century’.

Mengomentari kunjungan penasihat dan menantu presiden AS Jared Kushner ke Maroko, Aftati menambahkan, posisi Maroko mengenai perjuangan Palestina adalah tegas dan tidak dapat diubah. Meskipun beberapa negara Arab mengambil posisi yang tidak jelas, sementara beberapa negara lain telah menyatakan posisi mereka terhadap rencana AS, MEMO melaporkan.

Dalam hal ini, Aftati mengatakan, AS melakukan pemerasan, terutama bahwa negara-negara Arab sejauh ini memiliki posisi yang tidak bersatu tentang penyebabnya.

Pejabat itu menekankan, Maroko tidak akan terseret di belakang “Kesepakatan Abad Ini”, dan bahwa hal-hal itu perlu diselesaikan di lapangan.

Dia mengatakan, Palestina bersikeras pada penolakan mereka terhadap langkah-langkah yang tidak lengkap, bahkan mendorong ke arah konfrontasi dengan pendudukan Israel, untuk membebaskan tanah Palestina.

Surat kabar Maroko Alyaoum24 mengatakan bahwa “Skema AS” bersikeras mengganti hak-hak Palestina dengan beberapa manfaat ekonomi, mendorong Washington untuk menggunakan Maroko.

Jared Kushner melakukan tur Timur Tengah pekan lalu, termasuk Israel, Yordania, Mesir, Arab Saudi, dan Maroko. (T/Ast/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)