Polri Kirim 280 Personel Pasukan Perdamaian ke Sudan dan Afrika Tengah

upacara pelepasan Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara II di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/9). (Foto Polri)

Jakarta, MINAN- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memberangkatkan 280 personel kontingen Satgas Garuda Bhayangkara II untuk menjalankan misi perdamaian di wilayah konflik Afrika.

Kontingen yang tergabung dalam Formed Police Unit (FPU) FPU 12 UNAMID dan FPU 2 MINUSCA tersebut akan diberangkatkan ke Darfur, Sudan dan Bangui, Republik Afrika Tengah.

“Bendera merah putih di lengan kiri adalah melambangkan negara, sehingga beban yang diemban tidaklah ringan,” kata Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat memimpin upacara pelepasan Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara II di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/9).

Upacara hanya diikuti 30 personel sebagai perwakilan pasukan. Tidak semua pasukan ikut upacara demi menjalankan protokol kesehatan yakni tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak.

“Diharapkan Peacekeepers Polri mampu mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang telah dilatihkan selama masa Latpragas,” ujar Idham.

Sejak 1989 sampai dengan sekarang, Polri telah menugaskan 2.594 personel untuk menjadi Pasukan Penjaga Perdamaian dalam misi PBB. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)