Pompeo: Kerja Sama Pengendalian Senjata AS-Rusia Perkuat Keamanan Global

San Fransisco, California, MINA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan, kerja sama antara Moskow dan Washington dalam bidang pengendalian senjata memperkuat keamanan dan stabilitas global.

“Ada tempat-tempat di mana kita perlu bekerja sama dengan Rusia. Hari ini, atau besok saya kira begitu, tim kami akan berada dengan Rusia bekerja pada dialog strategis untuk mudah-mudahan menciptakan generasi berikutnya dari perjanjian pengendalian senjata, seperti yang dilakukan Reagan (mantan Presiden AS Ronald Reagan),” kata Pomeo dalam sesi tanya jawab di Perpustakaan Presiden Richard Nixon di San Fransisco, California, seperti dikutip kantor berita Rusia Tass, Jumat (24/7).

“Ini demi kepentingan kami, ini untuk kepentingan Rusia. Kami telah meminta Cina untuk berpartisipasi, tapi menolak untuk saat ini. Kami berharap Cina akan berubah pikiran,” tambah Pompeo.

Ia mencatat bahwa Rusia dan AS dihadapkan pada “tantangan strategis besar” di bidang non-proliferasi.

“Jika kita bekerja bersama dengan Rusia, saya yakin kita dapat membuat dunia lebih aman. Saya pikir ada tempat bagi kita untuk bekerja dengan Rusia untuk mencapai hasil perdamaian yang lebih mungkin, tidak hanya untuk Amerika Serikat, tetapi juga bagi dunia,” ujarnya. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)