Ponpes Al-Fatah Cileungsi Salurkan 1.500 Paket Hewan Qurban

Panitia Qurban Al-Fatah (Foto: Rahmie/MINA)

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi menyalurkan 1.500 paket daging hewan qurban untuk warga dhuafa di sekitar pondok pada Hari Raya Idul Adha 2017, pada Jumat (1/9).

Hal itu dikatakan  Syaiful Bahri, Ketua Panitia Qurban Idul Adha pondok itu kepada Mi’raj News Agency (MINA) di lokasi penyembelihan, Jumat (1/9) siang.

“Ada peningkatan jumlah dari tahun sebelumnya, sebesar 20 persen,” kata Syaiful sambil menambahkan, tahun ini jumlah hewan qurban terdiri dari 15 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

Syaiful yang juga Mudir (Ketua Ponpes) menyebutkan, daging hewan qurban didistribusikan ke wilayah Cileungsi dan sekitarnya pada hari yang sama, agar masyarakat bisa langsung merasakan dan menikmati daging.

Lebih jauh Syaiful mengatakan bahwa selain warga sekitar, hewan qurban juga berasal dari warga di luar pesantren bahkan ada yang dari Polres Bogor.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun kita dipercaya oleh warga sekitar dan tahun ini ada yang dari Polres Bogor mempercayakan dan menyerahkan hewan qurbannya kepada kita dari proses pemotongan hingga pendistribusiannya,” jelas Syaiful.

Dalam kesempatan yang sama, Dudun Abdurrahman, Binmas Polsek Cileungsi mengatakan Al-Fatah  adalah pesantren yang memiliki pemahaman agama dan Al-Quran bagus.  “jadi itu alasan kita memilih berqurban di sini,” kata Dudun.

Qurban untuk Muslim Minoritas dan Tertindas 

Selain di Cileungsi, Alfatah yang memiliki 20-an cabang se-Indonesia juga mendisrtibusikan hewan qurban di lingkungan sekitarnya, seperti Sumut, Lampung, Palembang, Jambi, Jabodetabek, Jabar, Kalbar, NTT, dan masih banyak yang lainnya.

“Tidak hanya itu Al-Fatah juga menyalurkan hewan qurban untuk empat negara di mana Muslim adalah minoritas yang miskin dan tertindas. Alhamdulillah kita bisa menyalurkan hewan qurban ke empat negara, Pilipina, Kamboja, Sudan dan Gaza,” kata Deni Rahman, selaku Ketua Panitia Program Qurban Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

Penyaluran seperti itu sudah dilakukan oleh Jama’ah Muslimin (Hizbullah) sejak beberapa tahun lalu.

“Tahun ini kita bisa menyalurkan 11 ekor hewan qurban, yakni untuk Sudan 3, Gaza 2, Philipina 3, dan Kamboja 3 ekor,” jelas Deni.

Dalam pendistribusian, panitia bekerja sama dengan tokoh agama dan relawan di negara-negara tersebut untuk bisa disalurkan kepada yang membutuhkan.

Deni menambahkan, atas nama Jama’ah Muslimin (Hizbullah), ia mengucapkan terima kasih kepada yang percaya menyalurkan hewan qurban lewat panitia dari berbagai daerah di Indonesia. (L/P3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)