Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ponpes Al-Fatah Lampung Akan Gelar Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1444 H se-Sumatra

Habib Hizbullah - Selasa, 7 Maret 2023 - 10:36 WIB

Selasa, 7 Maret 2023 - 10:36 WIB

10 Views

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung akan menggelar Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1444 H se-Sumatra pada Rabu-Ahad (8-12/3) di Masjid An-Nubuwwah, Al-Muhajirun, Negarararatu, Natar, Lampung Selatan.

Event tahunan yang akan digelar dengan tema, “Membangun Ekonomi Umat dengan Spirit Ramadhan dalam Kehidupan Berjama’ah Menuju Pembebasan Masjid Al-Aqsha” tersebut berisi berbagai kegiatan seperti Bazaar dan Expo UMKM, Bakti Sosial, Reuni Akbar Alumni Al-Fatah Lampung tahun 1995-2022, dan acara puncaknya yaitu Tabligh Akbar Sya’ban 1444 H.

Pada puncaknya, akan hadir sebagai pemateri Tabligh Akbar adalah Pembina Utama Jaringan Ponpes Al-Fatah se-Indonesia, Imaamul Muslimin Drs. KH. Yakhsyallah Mansur, MA, Pembina Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Bogor, KH. Abul Hidayat Saerodjie, Ketua LBIPI Pusat Ust. Wahyudi KS, Guru Besar Ilmu Akuntansi UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A., Pakar Ekonomi Syariah, Dr. Rais Abdullah, Lc., MA., Vice Concellor University of Giomatika, Malaysia, Prof. Dr. Ismail Omar, Presidium Aqsa Working Group (AWG), Ust. Rustam Effendi, Pemerhati Sejarah, Ust. Arief Saefullah MD, S.Pd.I., Pembina Ponpes Al-Fatah Sumatera Selatan, Ust. Ade Jalaluddin.

Sementara, pemateri daring adalah Dosen Universitas Islam Gaza, Palestina, Prof. Dr. Mahmud Anbar, Ulama Thailand, Dr. Abdullah Abu Bakar, dan Ulama Filipina, Datuk Watteu Ibrahim. Sebagai pemberi sambutan utama, Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi.

Baca Juga: Satu Relawan Liaison Officer MER-C Masuk Gaza untuk Kedua Kalinya

Ketua Panitia, Robith Kurniawan saat diwawancarai MINA, Selasa (7/3) mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar umat Islam khususnya di wilayah Sumatra.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh kita untuk menyambut Ramadhan yang mana ini juga bertujuan untuk mewujudkan dan mempererat persaudaraan umat Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil ‘Alamin,” katanya.

Ia menjelaskan, Tabligh Akbar Sya’ban tahun ini khusus digelar bertema ekonomi sebagai langkah agar bagaimana perekonomian umat khususnya di Sumatera dapat lebih berkembang dan umat semakin mandiri, seperti kegiatan Bazaar dan Expo UMKM yang akan dibuka mulai Rabu (8/3) berbarengan dengan Bakti Sosial sebagai bentuk memperkenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat umum.

“Sementara kegiatan Bakti Sosial ini merupakan dakwah bil haal yang terkait dengan kesehatan umat. Jadi kita selenggarakan atas kerja sama panitia dengan Al-Fatah Medical Center (AMT), Puskesmas Kecamatan, juga berbagai dokter-dokter spesialis yang bisa membantu memberikan pelayanan gratis kepada umat selama digelarnya event ini,” jelas Robith.

Baca Juga: MER-C Fasilitasi Keberangkatan 10 Santri Papua ke Pesantren Balekambang Jepara

Selain itu, lanjut Robith, untuk mendukung mudahnya masyarakat berobat khususnya di Desa Negararatu, pada rangkaian Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban ini juga diadakan peletakan batu pertama Gedung Klinik Al-Fatah pada Jumat (10/3) yang berlokasi di Dusun Dwi Darma, Desa Negararatu yang diinisiasi oleh AMT dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Al-Fatah Lampung yang nantinya akan digunakan masyarakat untuk menerima berbagai pelayanan kesehatan.

“Calon Gedung Klinik Al-Fatah ini akan dilakukan prosesi peletakan baru pertama oleh Imaam Yakhsyallah Mansur selaku Pembina Utama Jaringan Ponpes Al-Fatah se-Indonesia, dan pembiayaan pembangunan gedung ini akan berasal dari donasi atau jariyah para Alumni Al-Fatah yang memang salah satu rankaian reuninya yang akan digelar Sabtu (11/3) ini adalah sosialisasi pembangunan Klinik. Meski demikian, kita juga akan menerima donasi dari seluruh masyarakat umum,” ucapnya. (L/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Rekomendasi untuk Anda