Ponpes. Al-Fatah Lampung Berikan Keringanan Biaya untuk Santri Berprestasi

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung memberikan penghargaan khusus kepada santri-santri yang memenangkan perlombaan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK), Al-Fatah Karate Championship V – 2021, dan Liga Sepakbola Al-Fatah I Tahun 2021.

Pemberian hadiah disampaikan bersamaan dengan penutupan Liga Sepak Bola Al-Fatah Lampung, di Masjid An-Nubuwwah, komplek Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar, Sabtu (20/3).

Penghargaan tersebut diberikan dalam bentuk sertifikat dan keringanan biaya pendidikan, biaya makan dari dapur umum (DU), serta asrama, yang disesuaikan dengan tingkatan juaranya.

Juara I mendapat keringanan gratis biaya makan selama satu bulan, juara II gratis Sumbangan Pembinaan Pendidikan( SPP) dan asrama selama satu bulan, dan juara III gratis SPP selama satu bulan.

Mudirus Shuffah Al-Fatah Lampung, Muflihudin, Lc. saat ditemui MINA menjelaskan, “InsyaAllah mulai tahun ini secara bertahap, sedikit demi sedikit, para santri yang memenangkan perlombaan akan ada tambahan penghargaan selain sertifikat, yaitu berupa kerianganan biaya makan, SPP dan asrama, “ujarnya.

Ia berharap, program ini dapat menjadi motivasi bagi para santri untuk menjadi lebih berprestasi.

“Mudah-mudahan ke depan dengan prestasi yang lebih baik, dengan acara yang lebih baik, hadiahnya pun InsyaAllah akan ditingkatkan,” katanya.

Muflihuddin mengucapkan selamat bagi para juara dan mengajak santri yang belum juara untuk berpacu meningkatkan kemampuannya agar dapat ikut serta dalam acara berikutnya.

“Selamat untuk para juara, mudah-mudahan gembira dan menjadi penyemangat untuk terus berprestasi. Dan yang belum bisa dijadikan motivasi untuk berpartisipasi,” katanya.

Sementara itu, Majelis Pengasuhan Santri (MPS) Al-Fatah Lampung mengatakan, selain menggali minat dan bakat para santri, kegiatan ekstrakurikuler ini juga ternyata dapat mengurangi tingkat pelanggaran.

“Ini adalah salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan MPS berupa peningkatan prestasi melalui ekstra kulikuler. Di antara banyak ekskul Al-Fatah yang sedang kita kembangkan adalah sepak bola dan karate. Dari hasil evaluasi, disimpulkan kegiatan olahraga tersebut ternyata dapat mengurangi pelanggaran disiplin,” ujarnya.

Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) yang ke-5 dilakukan pada Ahad (31/1) dan Al Fatah Karate Championship V – 2021 Open Tournament & Festival dilaksanakan pada Sabtu (13/3) secara virtual yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai Pesantren Al-Fatah di Indonesia.

Liga Al-Fatah I Tahun 2021 diselenggarakan pada Jumat (8/1), diikuti seluruh santri Ponpes Al-Fatah Lampung, dengan total keseluruhan peserta lomba sebanyak 235. (L/adz/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).