Ponpes Al-Fatah Lampung Gelar Kirab Santri

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA –  Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajrun  mengadakan Kirab Santri dalam rangka merayakan Hari Santri Nasional,

Kirab Santri ini dilakukan oleh sejumlah 1.500-an santri dengan longmarch melalui beberapa Dusun se-Desa Negararatu tempat di mana Ponpes ini berada, menuju objek wisata Curup Pancuran Mas, Purwosari, Negararatu, Selasa, (22/10).

Mudirus Shuffah, Muflihuddin, Lc., pada upacara yang diselenggarakan di Curup Pancuran Mas Purwosari mengatakan, Hari Santri tidak bisa dipisahkan dari perjuangan kemerdekaan.

“Jasa santri dalam perjuangan kemerdekaan yang saat itu melawan Inggris yang mencapai puncakya  pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sangatlah berperan terlebih kiyai-kiyai juga ikut berperang,” ujarnya.

Peperangan antara Inggris dan pejuang-pejuang RI tersebut merupakan perang terbesar sepanjang sejarah Nusantara.

Meski darah pahlawan, santri dan kyai berceceran begitu mudahnya, dan memerahi sepanjang jalan kota Surabaya, atas izin Allah Inggris akhirnya kalah.

“Maka kemerdekaan yang sudah diraih dengan keringat dan darah tersebut, harus kita pertahankan baik fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Hadir pada perayaan HSN tersebut, Kepala Desa Negararatu, Herry Putra yang dalam pemaparannya menekankan pentingnya peran santri dalam pembangunan bangsa dan negara.(L/hbb/B01/P1).

Mi’raj News Agecy (MINA)