Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Popularitas Mohamed Salah Kurangi Kejahatan Anti-Muslim

sri astuti - Kamis, 6 Juni 2019 - 22:27 WIB

Kamis, 6 Juni 2019 - 22:27 WIB

10 Views

Selebrasi sujud striker Lipverpool FC Mohammed Salah yang populer. (Foto: Twitter)

Liverpool, MINA – Kecakapan Mohamed Salah di bidang sepak bola telah menjadikannya salah satu bintang modern dari “permainan indah”, dampak positifnya di luar lapangan adalah salah satu area di mana bintang Liverpool itu berdiri di atas rekan-rekannya.

Mengutip MEMO, Sebuah studi yang dilakukan oleh Laboratorium Kebijakan Keimigrasian di Stanford University, Amerika Serikat, telah menemukan bahwa popularitas Salah telah membantu mengurangi kejahatan rasial di kota itu, sejak striker Mesir itu bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2017 dari Roma.

Penelitian Universitas Stanford, yang menganalisis sekitar 15 juta tweet dari penggemar sepak bola di Inggris dan 8.600 penggemar Liverpool sebelum dan setelah kedatangan Salah, menemukan penurunan mengejutkan 53 persen tweets anti-Muslim di antara penggemar Liverpool dan penurunan 18,9 persen secara keseluruhan anti -Muslim kebencian terhadap kejahatan di Merseyside.

Angka-angka ini sangat kontras dengan tren di mana kejahatan kebencian anti-Muslim meningkat, kadang-kadang pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Transformasi Mardi Tato, Perjalanan dari Dunia Kelam Menuju Ridha Ilahi

Dalam pekan setelah serangan supremasi kulit putih pada jamaah di dua masjid Selandia Baru pada bulan Maret misalnya, peningkatan 593 persen dalam kejahatan anti-Muslim kebencian dilaporkan.

Survei melihat apakah paparan selebriti yang berhasil dari kelompok yang distigmatisasi dapat mengurangi prasangka terhadap kelompok yang lebih besar, dalam hal ini Muslim.

Para penulis menyimpulkan bahwa “secara keseluruhan, kami menafsirkan hasil ini untuk mendukung hipotesis bahwa kedatangan Salah di Liverpool FC menyebabkan penurunan tindakan fanatik yang ekstrem.”

“Eksperimen survei menunjukkan bahwa hasil ini mungkin didorong oleh meningkatnya keakraban dengan Islam,” kata penelitian itu.

Baca Juga: Dato’ Rusly Abdullah, Perjalanan Seorang Chef Menjadi Inspirator Jutawan

“Temuan kami menunjukkan bahwa paparan positif untuk panutan outgroup dapat mengungkapkan informasi baru yang memanusiakan outgroup secara besar-besaran,” ungkapnya.

Salah memenangkan hati setiap penggemar Liverpool sejak awal. Kasih sayang mereka untuk pria berusia 26 tahun itu terekam dalam sebuah video yang menjadi viral. Fans terlihat melantunkan “jika dia mencetak beberapa lagi maka saya akan menjadi Muslim juga.” Nyanyian lain menggambarkannya sebagai “hadiah dari Allah.” (T/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hambali bin Husin, Kisah Keteguhan Iman dan Kesabaran dalam Taat

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Eropa
Palestina
MINA Sport