Positif COVID-19 Sudan Menyebar di 13 Provinsi, Khartoum dan Gezira Terbanyak

Khartoum. MINA – Penyebaran Covid-19 di seluruh Sudan sampai saat ini mencapai 13  provinsi, dengan terbanyak di Khartoum dan Gezira.

Khartoum  tercatat 403 orang dan Gezira (180 km dari Khartoum), sebanyak 21 orang.

Kementerian Kesehatan Sudan, mengumumkan  bertambahnya 67  orang  dinyatakan positif.  Sehingga jumlah keseluruhan  442 orang positif Corona di seluruh Sudan.

Jumlah meninggal 31  orang, sembuh 39 orang, dan PDP tidak disebutkan, menurut pengumuman Menkes Dr.Akram Ali Toum, Kamis malam (30/4).

Penambahan di provinsi lainya bertambah menjadi tiga provinsi, yaitu Kordofan Utara 1 orang, Darfur Selatan 1 orang dan Syimaliyah Sudan (Donggola) 1 orang.

Provinsi lainnya yang telah dahulu tersebar di antaranya, White Nile (1 ), River Nile (3), Laut  Merah (1 ), Qadarif (4), Darfur Tengah (1), Darfur Timur (1), Darfur Barat (2), dan Sinnar (2).

Hingga saat ini kasus penyebaran Covid-19 sudah masuk di13 provinsi dari 18 provinsi yang ada. Tersisa 5 provinsi yang belum terjangkiti. “Ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Ali Toum.

Pemerintah Sudan telah mengeluarkan keputusan menerapkan lockdown total di seluruh Khartoum, sejak Sabtu (18/4) selama tiga pekan.

Sebagian wilayah lainnya seperti Gezira dan Sinnar sudah menerapkan pembatasn pergerakan.

Di Khartoum diberlakukan waktu jeda 7 jam untuk warga membeli kebutuhan pokok harian, dari pukul 06:00 pagi hingga 13:00 siang setiap harinya. (L/B02/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA)