Ketua DPR-RI: Potensi Kekuatan Non-Blok Bisa Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Madrid, MINA – Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam Forum Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, mengungkapkan bahwa kekuatan Gerakan Non-Blok (GNB) berpotensi mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Parlemen negara GNB perlu mendorong pemerintahnya masing-masing untuk mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Puan dalam Inaugural meeting of the Parliamentary Network of NAM yang digelar di Hotel Riu Plaza Espana, Madrid, Spanyol, Ahad (28/11) waktu setempat, laman resmi DPR melaporkan.

Ia menegaskan, kemerdekaan Palestina merupakan bagian dari perjuangan bersama sejak adanya Konferensi Bandung, yang belum dapat direalisasikan

Potensi tersebut, kata Puan, harus dibarengi dengan soliditas para negara anggota GNB.

Ia menyatakan komitmennya mendukung kemerdekaan Palestina, dan mengajak negara-negara GNB ikut memperjuangkan komitmen yang sudah ada sejak berdirinya GNB beberapa tahun sesudah Konperensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955.

Puan mengungkapkan, prinsip Dasa Sila Hasil KAA Bandung telah mengamanatkan negara-negara Gerakan Non-Blok untuk mendukung Palestina dalam perjuangan mereka untuk keadilan.

Menurutnya, Gerakan Non-Blok memiliki potensi kekuatan mengingat jumlah anggota negaranya yang cukup besar. Ia mengatakan, hal tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya menyelesaikan berbagai isu global.

“Namun kekuatan potensial ini harus kita terjemahkan menjadi pengaruh positif yang dapat memberikan kontribusi nyata. Hal ini menuntut kita semua untuk solid dan bekerja sama dalam kesatuan,” ujarnya.

Oleh karena itu, jaringan parlementer dinilai menjadi hal penting agar jaringan tersebut mengkonsolidasikan hubungan antar negara-negara Gerakan Non-Blok.

Puan mendorong negara-negara GNB untuk bekerja sama menggunakan jaringan ini sebagai platform untuk memperkuat kerja sama Gerakan Non-Blok dalam upaya bersama membangun dunia yang lebih setara.

“Saya pun ingin menyampaikan penghargaan saya kepada Milli Majlis Republik Azerbaijan yang telah menjadi tuan rumah pertemuan penting ini di sela-sela Sidang IPU ke-143,” katanya.

Inaugural meeting of the Parliamentary Network of NAM sendiri dihadiri oleh para pimpinan negara-negara GNB. (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.