PPS: Israel Tangkap Lebih dari 30 Warga Palestina di Kota Ya’bad

Ramallah, MINA – Masyarakat Penjara Palestina (PPS) melaporkan pada Kamis (14/5), tentara pendudukan Israel menahan lebih dari 30 warga Palestina di kota Ya’bad di utara Tepi Barat dalam dua hari terakhir.

PPS mengatakan, beberapa dari mereka yang ditahan kemudian dibebaskan setelah menjalani interogasi yang intens dan brutal serta baru saja ditinggalkan di daerah terpencil, WAFA melaporkan.

Operasi militer dan kekejaman pendudukan Israel di Ya’bad masih berlangsung sejak tewasnya seorang tentara Israel pada Selasa (12/4) pagi saat satu atau dua orang Palestina berhasil melemparkan batu dari atap gedung dan menewaskan tentara Israel yang diketahui bernama Letnan Amit Yagal, 23 tahun.

PPS mencatat, tindakan militer Israel itu mempengaruhi banyak keluarga tanpa memandang usia atau jenis kelamin mereka, beberapa dipukuli dan yang lain diteror, terutama anak-anak, banyak yang ditinggalkan sendirian tanpa orang tua mereka yang ditahan.

“Tadi malam dan pagi ini, tentara Israel menangkap lima warga kota, termasuk seorang bocak lelaki berusia 13 tahun,” katanya.

PPS mendesak organisasi hak asasi manusia internasional untuk berbicara menentang kebijakan hukuman kolektif Israel yang diadopsinya di wilayah pendudukan dan kekejaman yang dilakukan terhadap penduduk sipil Palestina. (T/R6/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)