Praktisi Kesehatan Ungkap Manfaat Puasa

, 9 Sya’ban 1437/16 Mei 2016 (MINA) – Ahli Gizi dan Praktisi Kesehatan, Ani Prasetyaningsih mengungkapkan manfaat yang akan didapat dari jika dijalankan dengan baik dan benar akan melatih fisik dan rohani.

Hal itu disampaikan Ani saat seminar kesehatan bertajuk “Tetap Bugar dan Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan” di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (16/5), demikian siaran pers DPR yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia menguraikan manfaat puasa bagi fisik yang melakukannya, akan berdampak pada tekanan darah dan kadar kolesterol lebih terkendali serta bisa membersihkan tubuh dari berbagai kotoran dan racun.

Ditambahkan Ani, puasa juga bisa meningkatkan fungsi organ-organ tubuh dan menghambat proses penuaan, sehingga dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan tadi, puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sedangkan manfaat puasa bagi rohani, kata Ani, bisa mengendurkan ketegangan syaraf, menajamkan perasaan, serta mengurangi kecemasan dan rasa putus asa, tentu juga puasa melatih kesabaran.

Dia juga menguraikan beberapa bahan makanan yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Daging putih, menurut Ani, daging jenis ini lebih mudah dicerna oleh tubuh  dari pada daging merah. Susu dan yogurt, kedua bahan makanan ini merupakan sumber kalsium yang paling banyak sehingga baik untuk tubuh.

Lebih lanjut, Ani mengatakan, keju juga merupakan bahan makanan yang baik dikonsumsi saat berpuasa. “Banyak makanan yang dapat Anda buat menggunakan bahan dasar keju, seperti pasta, cake keju, puding keju dan ice cream keju,” ungkapnya.

Minyak zaitun juga masuk dalam daftar makanan yang baik dikonsumsi saat puasa, karena mengandung antioksida. Tak luput juga sayur dan buah, karena makanan ini bisa memudahkan proses pencernaan.

Di akhir presentasinya Ani menyampaikan masalah kesehatan hendaknya tidak menjadi halangan untuk menunaikan ibadah puasa. Seminar yang bekerja sama dengan Light Hose ini dihadiri oleh pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal . (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.