Presiden Abbas Serukan Langkah Praktis Akhiri Pendudukan

Ramallah, MINA – Kepresidenan Palestina pada Jumat (21/5) menyambut gencatan senjata Gaza dan menyerukan langkah-langkah praktis untuk mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Dalam pernyataan persnya, Kepresidenan memuji upaya Mesir, Qatar, Yordania, pemerintah AS, Uni Eropa dan PBB untuk mencapai gencatan senjata, Wafa melaporkan.

Kepresidenan juga memuji rakyat Palestina atas pengorbanan mereka di Gaza, menentang pengusiran paksa di Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, serta protes damai mereka di Tepi Barat.

Pernyataan itu mengungkapkan, Presiden Mahmoud Abbas memulai kontak sejak awal serangan Israel di Gaza dan Tepi Barat, termasuk kontak dengan Presiden AS Joe Biden, untuk segera mengakhiri serangan, termasuk pengusiran paksa di Yerusalem yang memicu eskalasi.

Kepresidenan menekankan, “sudah waktunya bagi pemerintah AS dan komunitas internasional untuk mengambil langkah-langkah praktis dan serius untuk menghentikan kejahatan Israel yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina yang menimbulkan eskalasi parah ini.”

Eskalasi terbaru di Gaza mengakibatkan terbunuhnya sedikitnya 243 orang, termasuk 66 anak-anak, dan melukai 1.910 lainnya, termasuk 90 luka parah dan 560 anak-anak. Perang itu juga menyebabkan lebih dari 75.000 orang mengungsi dan menyebabkan kerusakan besar pada properti, termasuk sekitar 20 fasilitas kesehatan dan 230 bangunan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)