Presiden Abbas Tegaskan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Doha, MINA – mengatakan, pemerintahannya akan melanjutkan komitmen untuk melaksanakan rencana pembangunan berkelanjutan dan sesuai dengan tujuannya. Demikian dikutip dari Wafa, Senin, (6/3).

Dalam pidatonya pada Konferensi kelima tentang negara-negara terbelakang yang diadakan di ibu kota , Doha, Presiden Abbas mengatakan Palestina berhasil meluncurkan dokumen yang sangat penting berjudul “The Atlas of Sustainable Development 2020“, dengan tujuan untuk mendokumentasikan upaya-upaya pembangunan.

Presiden menekankan, ada kebutuhan mendesak untuk tindakan segera dan jangka panjang yang dapat memungkinkan negara-negara kurang berkembang pulih dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Dia menekankan perlunya setiap orang untuk berpegang pada prinsip menjembatani kesenjangan antar negara, mencapai keadilan yang lebih besar dan memberdayakan orang-orang yang paling tidak berkembang melalui prinsip tanggung jawab bersama dan memberikan dukungan internasional yang serius untuk memastikan mereka mengatasi kesulitannya dan beralih ke tahap baru yang lebih baik.

Presiden Abbas berharap untuk mendapatkan dukungan berkelanjutan bagi upaya Palestina membela hak rakyatnya yang sah menentukan nasib sendiri dan hak mereka untuk kebebasan dan kemerdekaan.

Dia juga meminta masyarakat internasional untuk menghentikan dan menghukum terorisme pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina, dan bekerja untuk mengakhiri pendudukan tanah Negara Palestina dan ibu kota Yerusalem Timur.

Dia menekankan, perdamaian adalah kemitraan dan membutuhkan upaya seluruh dunia. “Kami berharap dapat bekerja sama meningkatkan penghormatan terhadap supremasi hukum dan akuntabilitas untuk mencegah pelanggaran dan konflik, membangun dan mempertahankan perdamaian, serta mencapai pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan bagi semua agar dunia menjadi tempat yang lebih baik dan lebih adil untuk semua,” katanya.

Presiden Abbas berterima kasih kepada Emir Negara Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, atas dukungan politik dan ekonomi negaranya untuk rakyat Palestina selama ini. (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.