Presiden Afghanistan dan Politisi Bahas Proses Perdamaian

Kabul, MINA – Presiden Ashraf Ghani pada hari Sabtu, 30 Maret, menjadi tuan rumah bagi tokoh-tokoh politik utama, termasuk mantan presiden Hamid Karzai, untuk mencapai sikap terpadu tentang proses , kata pernyataan resmi.

Pertemuan berlangsung ketika Utusan Khusus AS untuk Rekonsiliasi Politik Afghanistan, Zalmay Khalilzad, akan mengunjungi negara yang dilanda perang untuk melakukan putaran diplomasi gencatan senjata.

Menurut pernyataan kepresidenan, seperti dilaporkan Anadolu Agency, Ghani menjadi tuan rumah para politisi, termasuk mantan presiden Hamid Karzai, mantan komandan mujahidin Abdul Rab Rasul Sayaf dan ketua Dewan Perdamaian Tinggi Mohammad Karim Khalili.

“Kepribadian yang kita sebutkan untuk berbagi saran yang representatif dan lebih baik dari segmen masyarakat, sejalan dengan realitas dan perkembangan terbaru untuk proses perdamaian”, kata pernyataan itu.

Pernyataan menambahkan, pertukaran pandangan ditujukan untuk mengefisienkan berbagai upaya menjadi satu kesatuan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taliban mengadakan beberapa putaran pembicaraan dengan perwakilan AS dan sekelompok politisi Afghanistan, termasuk Karzai, di Rusia dan Qatar.

Namun, para pemberontak terus menolak bertemu pejabat pemerintah Afghanistan.

“Untuk mencapai sikap bersatu pada proses perdamaian, saya akan melanjutkan konsultasi dengan politisi lain dan perwakilan dari semua lapisan masyarakat dengan sungguh-sungguh,” kata Presiden Ghani dalam posting Twitter setelah pertemuan.

AS dan Taliban secara terbuka mengumumkan telah mencapai kesepakatan prinsip tentang penarikan pasukan asing dari Afghanistan. dan tidak ada ancaman terorisme yang muncul dari negara itu pada masa depan.

Namun, belum ada kesepakatan mengenai masalah gencatan senjata komprehensif, jadwal untuk penarikan pasukan dan pembicaraan damai Afghanistan. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.