Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Afrika Selatan Bangga dengan Tim Hukum Negaranya di ICJ

Rudi Hendrik - Jumat, 12 Januari 2024 - 11:24 WIB

Jumat, 12 Januari 2024 - 11:24 WIB

28 Views

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. (Foto: dok. AA)

Johannesburg, MINA – Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan bahwa dia bangga dengan cara tim hukum negaranya mengajukan kasusnya di Mahkamah Internasional (ICJ) terhadap Israel karena dugaan melakukan genosida di Gaza.

“Saya tidak pernah merasa bangga seperti yang saya rasakan saat ini, ketika pengacara tim kami sedang memperdebatkan kasus kami di Den Haag,” kata Ramaphosa, berbicara di hadapan Liga Wanita dari partainya, Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa, Kamis (11/1). Anadolu Agency melaporkan.

Ramaphosa mengatakan, negaranya telah membentuk tim pengacara yang kuat untuk mewakili kasus Afrika Selatan di pengadilan tertinggi PBB di Den Haag, Belanda.

Afrika Selatan mengajukan kasusnya ke ICJ pada bulan Desember, dengan alasan bahwa Israel melanggar Konvensi Genosida 1948. Mereka mengajukan dokumen setebal 84 halaman ke pengadilan yang merinci tindakan yang dikatakannya merupakan genosida di Gaza.

Baca Juga: Rashida Tlaib Kecam RUU AS soal Larang Pelabelan Produk ‘Buatan Palestina’

Pengadilan mendengarkan argumen Afrika Selatan pada Kamis dan akan mendengarkan tanggapan Israel pada hari Jumat (12/1).

Banyak pakar hukum di seluruh dunia mengatakan pada Kamis bahwa tim hukum Afrika Selatan mengajukan kasus kuat yang didukung dengan bukti.

Menteri Kehakiman Afrika Selatan Ronald Lamola, yang memimpin delegasi Afrika Selatan ke Den Haag, mengatakan kepada wartawan, “Kami yakin pengadilan telah mendengarkan pandangan kami. Mereka memahami urgensinya, dan mereka akan memberikan putusan dalam waktu yang wajar.”

Permohonan Afrika Selatan menginginkan ICJ memaksa Israel menghentikan aksi militernya di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 23.000 warga Palestina dan menghancurkan wilayah pesisir tersebut. (T/RI-1/RS2)

Baca Juga: Universitas Virginia Tolak Tarik Investasi dari Israel

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kanada Berlakukan Sanksi Baru terhadap Pemukim Ilegal Israel

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Internasional
Indonesia
Internasional
MINA Health
Buah Semangka (foto: Site News/Twitter)
MINA Health