PRESIDEN ARGENTINA MINTA ANGGOTA PBB AKUI NEGARA PALESTINA

Presiden Argentina Cristina Fernandez berpidato di PBB, Rabu (25/9), New York (Foto: UN)
Cristina Fernandez berpidato di , Rabu (25/9), New York (Foto: UN)

New York, 1 Dzulhijjah 1435/25 September 2014 (MINA) – Dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, New York, Presiden Argentina Cristina Fernández meminta anggota PBB mengakui Palestina sebagai sebuah negara, Anggota Majelis penuh.

Namun dalam pidatonya, Rabu (24/9), Presiden Fernández juga mendukung solusi dua negara dengan menekankan bahwa juga harus aman dalam perbatasannya.

Dia mengatakan, dialog antara kedua pihak yang bertikai itu penting, laman resmi PBB melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Pada kesempatan itu, Fernandez juga mengingatkan, Argentina pernah mengalami terorisme politik ketika Kedutaan Besar Israel diserang di Buenos Aires pada 1992, di mana warga Iran menjadi terdakwa.

Sehari sebelumnya, pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, dia akan mengajukan sebuah resolusi kepada Dewan Keamanan PBB, Kamis, mengajukan tuntutan penarikan pasukan Israel dari Tepi Barat selama tiga tahun, Time of Israel melaporkan.

Resolusi itu akan segera diserahkan setelah Abbas berbicara di Majelis Umum PBB.

Pada Senin, Abbas mengatakan, penolakan PBB terhadap resolusi itu akan mendorongnya untuk mencari keanggotaan di lembaga-lembaga dan badan-badan internasional, mencakup Mahkamah Pidana Internasional, yang akan membuka pintu untuk dakwaan terhadap kejahatan perang Israel atas tindakan militernya di Gaza dan pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

Penasehat Abbas, Nabil Abu Rdeneh mengatakan, pemimpin Palestina akan menyajikan strategi baru dalam pidato PBB-nya.

Berdasarkan program tersebut, Abbas akan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi yang mengikat, dengan tanggal tertentu untuk mengakhiri pendudukan Israel di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur (Al-Quds). (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0