Presiden Baru Israel Janji Lanjutkan Dialog dengan Palestina

Tel Aviv, MINA – Presiden berjanji akan meningkatkan dialog dengan mitra , yang menyampaikan ucapan selamat atas pelantikannya melalui sambungan telepon pada Ahad (11/7).

“Saya bicara pada sore ini dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang menelepon untuk mengucapkan selama kepada saya dalam menjalankan peran baru saya,” ujar Presiden Herzog via Twitter pada 11 Juli lalu, dikutip dari The Times of Israel, Selasa (13/7).

Dalam telepon tersebut, Herzog yang dilantik pada Rabu, 7 Juli 2021 lalu menggantikan Reuvin Rivlin, menegaskan sikapnya untuk meneruskan dialog dan membantu memajukan relasi kedua negara.

“Sebagai ucapan terima kasih, saya menegaskan bahwa saya berniat untuk mempertahankan dialog dengannya (Mahmoud Abbas) seperti yang dilakukan oleh presiden Israel terdahulu,” katanya.

Kantor Presiden Abbas mengkonfirmasi percakapan antara kedua pemimpin. Kantor berita WAFA menyebut pihak Abbas meminta agar adanya gencatan senjata komprehensif di Tepi Barat dan Yerusalem.

Abbas juga meminta Herzog terkait perlunya mengambil “langkah-langkah praktis untuk menciptakan kondisi untuk meraih perdamaian yang adil dan komprehensif”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga dikabarkan menelepon Herzog. Pihak Israel berkata Erdogan mendukung adanya stabilitas di Timur Tengah. Potensi kerja sama juga dibahas di berbagai bidang, seperti energi, wisata, dan teknologi. (T/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)