PRESIDEN BULGARIA BUKBER DENGAN KOMUNITAS MUSLIM

foto: Onislam
foto: Onislam

Sofia, 7 Ramadhan 1435/5 Juli 2014 (MINA) –  Presiden Bulgaria Rose Plevneliev untuk pertama kalinya mengadakan acara buka puasa bersama dengan  komunitas Muslim dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Buka bersama yang diadakan di kediaman presiden di Boyana, Kamis lalu, merupakan sebuah langkah penting bagi bekas negara berhaluan komunis itu.

Kegiatan tersebut sebagai tanda perubahan bagi negara dengan jumlah penduduk pribumi Muslim sekitar 1,5 juta jiwa pasca 25 tahun runtuhya rezim komunis  pada 1989.

Dalam sambutannya, Presiden Plevneliv memuji komunitas Muslim yang telah membantu membersihkan Gereja Ortodoks selama bencana banjir yang terjadi baru-baru ini di Bulgaria.

Sementara seorang ulama Bulgaria, Alis Haji, mengapresiasi pemerintah Bulgaria yang memberikan kebebasan beragama bagi semua warganya..

“Tanpa memandang agama dan bahasa mereka, nenek moyang kita hidup di tanah yang sama dan meminum air yang sama,” kata Alis Haji sebagaimana dilaporkan Onislam yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA). “Hubungan kekerabatan dan persatuan tetap terpelihara hingga saat ini,” ujarnya.

Alis Haji juga meminta tempat ibadah Muslim di ibukota Sofia, yang nantinya akan dijadikan sebagai satu-satunya Masjid yang diperuntukkan bagi mayoritas komunitas Muslim di sana.

Menurut data resmi, Muslim di Bulgaria kebanyakan keturunan etnis Turki dari kekaisaran Utsmani, berjumlah sekitar 980 ri bu orang atau  12 persen dari total 7,8 juta penduduk Bulgaria seluruhnya.

Muslim Bulgaria hidup berdampingan dengan warga Kristen dalam sebuah budaya yang disebut “komshuluk“, atau hubungan ketetanggaan. (T/Nidiya/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0