Presiden China akan Memulai Perjalanan Luar Negeri Pertamanya Sejak Pandemi

Beijing, MINA – Presiden Xi Jinping akan memulai perjalanan luar negeri pertamanya sejak COVID-19 melanda dunia pada akhir 2019, untuk menghadiri pertemuan ke-22 Dewan Kepala Negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dari 14-16 September, di kota Samarkand, Uzbekistan.

Hua Chunying, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (12/9),  demikian dikutip dari Anadolu.

Ia menambahkan, Xi juga akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan dan Uzbekistan atas undangan presiden kedua negara Asia Tengah itu.

Kunjungan Xi ke luar negeri akan menjadi fokus pengamat internasional, karena ia telah membatasi diri sejak penutupan perbatasan akibat pandemi pada awal 2020.

Terakhir dia melakukan perjalanan dengan kereta api ke Hong Kong Juni ini saat peringatan 25 tahun kembalinya wilayah semi-otonom itu  ke China pada tahun 1997.

 Dalam rangkaian acara KTT SCO, akan ada pertemuan antara Xi dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan menjadi pertemuan  pertama kedua pemimpin sejak perang Rusia di Ukraina dimulai pada Februari.

SCO adalah sebuah kelompok multi-nasional dari delapan negara, yakni China, Rusia, Pakistan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, India, dan juga akan menerima Iran sebagai anggota baru.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga rencananya akan menghadiri KTT tersebut karena Turkiye, selain Azerbaijan, Kamboja, Nepal, Sri Lanka, dan Armenia, adalah mitra dialog SCO. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.