Presiden dan Wapres Serahkan Sapi Kurban 1,5 Ton ke Istiqlal

Jakarta, 10 Dzulhijjah 1437/12 September 2016 (MINA) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Jusuf Kalla (JK), masing-masing menyerahkan satu ekor sapi lokal seberat 1,5 ton sebagai hewan kurban kepada Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (12/9).

Namun, keduanya berhalangan tak bisa hadir dalam pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1437H.

Acara penyerahan hewan kurban tersebut diwakilkan oleh Menteri Pertanian mewakili Presiden Jokowi dan Menteri Agraria dan Tata Ruang menggantikan Jusuf Kalla.

“Kami diminta mewakili untuk menyerahkan sapi kurban kepada yang berhak, pesan spiritualnya adalah menjaga, memupuk persaudaraan kepada sesama. Pesan lainnya adalah ini sapi lokal dengan berat 1.5 ton, artinya Indonesia mampu menghasilkan sapi tak kalah dengan negara lain,” ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat penyerahan di Masjid Istiqlal, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Senada dengan yang dikatakan Menteri Pertanian Amran yang mengutip ucapan Presiden Jokowi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil yang mewakili Wakil Presiden JK juga mengatakan, hewan kurban Presiden dan wakilnya ini diharapkan sampai kepada yang membutuhkan.

Sofyan menambahkan, dengan adanya sapi yang beratnya 1,5 ton menunjukan sapi lokal bisa bersaing dengan sapi dari negara luar.

“Muda-mudahan, suatu saat nanti, sapi-sapi yang kita kurbankan dan kita konsumsi sekarang ini seluruhnya bisa diternak di Indonesia,” ujar Sofyan.

Kemudian, acara serah-serahan hewan kurban tersebut di terima oleh Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Dr H Bahrul Hayat diserahkan kepada Panitia Kurban Masjid Istiqlal untuk disembelih pada malam harinya. Acara tersebut ditutup oleh doa yang dipanjatkan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Nasaruddin Umar. (L/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)