Presiden Imbau Anak-anak Raih Prestasi di Kancah Internasional

Buleleng,  MINA –  Sebanyak 885 siswa dan warga belajar di Kabupaten Buleleng, Bali, menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden mengimbau, anak-anak di Buleleng khususnya penerima KIP agar mampu berprestasi di bidang apapun bahkan hingga tingkat internasional.

Presiden Jokowi menyampaikan, dua siswa asal Buleleng yang meraih prestasi di kancah internasional bulan Mei lalu di Los Angeles, Amerika Serikat, adalah bukti anak-anak Buleleng mampu meraihnya. Bagus Putu Satria dan Made Radikia, siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Bali Mandara ini berlaga di ajang Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) 2017.

Mereka mampu bersaing dengan 78 negara peserta dan meraih prestasi Third Place Winner of Special Award (Juara Ketiga dalam Penghargaan Khusus) di ajang bergengsi tersebut. Mereka menciptakan inovasi Smart Digital Bsychrometer atau alat yang mampu memprediksi cuaca dalam radius 10 kilometer.

“Ini salah satu contoh anak-anak di Buleleng pintar-pintar,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan KIP dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gedung Kesenian Gede Manik, Buleleng, Bali, Selasa (26/9). Demikian keterangan pers Kemdikbud yang dikutip MINA.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, melalui KIP ini pemerintah ingin anak-anak Indonesia tidak putus atau berhenti bersekolah.

“Para penerima KIP harus betul-betul belajar dengan keras dan jangan takut bermimpi setinggi-tingginya untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya,” ujar Mendikbud.

“Kita akan menjadi negara maju kuncinya ada di kalian semua,” tutur Muhadjir yang pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)