Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Iran akan Kunjungi Irak dalam Lawatan Luar Negeri Pertamanya

sri astuti Editor : Bahron Ansori - Ahad, 8 September 2024 - 22:34 WIB

Ahad, 8 September 2024 - 22:34 WIB

11 Views

Presiden Iran, Masoud Pezeshkian saat pelantikannya di Teheran, Iran pada 30 Juli 2024. (Foto: Kantor Berita Mehr)

Teheran, MINA – Presiden Iran Masoud Pezeshkian akan mengunjungi Irak pada 11 September, untuk melakukan diskusi bilateral dengan pejabat negara tetangga.

Ini akan menandai kunjungan luar negeri pertama Pezeshkian sejak memangku jabatan Presiden Republik Islam. Almayadeen melaporkan.

Selama perjalanannya, Presiden Iran dijadwalkan bertemu dengan pejabat senior Irak dan menandatangani serangkaian perjanjian, termasuk perjanjian tentang kerja sama keamanan.

Pezeshkian juga diperkirakan akan mengunjungi tempat-tempat suci di Karbala dan Najaf, serta kota Basra dan Erbil, menurut media Iran.

Baca Juga: Presiden Iran akan Hadiri KTT BRICS di Rusia

Sebuah sumber mengatakan pada bulan Agustus, kunjungan Presiden Iran tersebut merupakan tanggapan atas undangan dari mitranya dari Irak Abdul Latif Rashid dan sebelum kunjungannya yang dijadwalkan ke markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Pada akhir Agustus, Mohammad Kazem Al-e Sadegh, Duta Besar Iran untuk Irak, mengumumkan nota kesepahaman, yang awalnya dimaksudkan untuk ditandatangani oleh mendiang Presiden Ebrahim Raisi, kini akan dirampungkan selama kunjungan Pezeshkian mendatang ke Irak.

Setelah memenangkan pemilu pada awal Juli, Pezeshkian menerbitkan sebuah artikel opini di Tehran Times yang menguraikan pandangan dan kebijakan pemerintahnya.

Dalam artikel tersebut, ia menyatakan pemerintahannya berdedikasi untuk menjaga martabat nasional Iran dan kedudukan global “dalam segala situasi.”

Baca Juga: Yaman Bersiap Perang Jangka Panjang dengan Israel

Pezeshkian mengatakan kebijakannya akan berfokus pada peluang untuk menjaga hubungan yang seimbang dengan semua negara sejalan dengan kepentingan ekonomi dan nasional Iran, selain kebutuhan perdamaian dan keamanan regional dan global.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Spanyol Gelar Pertemuan Bahas Solusi Dua Negara Israel-Palestina

Rekomendasi untuk Anda

Timur Tengah
Internasional
Palestina
Internasional
Dunia Islam
Internasional
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional