Presiden Jokowi: Alhamdulillah, FIFA Tak Sanksi Sepakbola Indonesia

Jakarta, MINA – Pemerintah dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengumumkan dipastikan Indonesia tidak dikenakan sanksi terkait insiden sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober 2022 lalu.

“Alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam tindaklanjut pembicaraan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino beberapa hari lalu, demikian keterangan yang diterima MINA.

Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia dan FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia.

“FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” ujar dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jumat (7/10).

Selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah Indonesia untuk beberapa hal.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia.

Selanjutnya, memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

“Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama,” ucapnya

Jokowi mengatakan, akan mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada; serta
menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” ucap Presiden. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.