PRESIDEN JOKOWI PERINTAHKAN MENAG TANGANI CALHAJ INDONESIA KORBAN MUSIBAH CRANE

crane jatuh
Crane (alat berat) di . (Voicemsr)

Jeddah, 28 Dzulqa’dah 1436/12 September 2015 (MINA) – Presiden Joko Presiden Joko Widodo () memerintahkan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin selaku Amirul Hajj Indonesia untuk menangani dan membantu secara optimal anggota jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban jatuhya crane di kawasan Masjidil Haram.

“Saya sudah meminta Amirul Haj Menteri Agama dan KJRI di Jeddah untuk memberi bantuan seoptimal mungkin,” kata dalam keterangan pers di Istana Raja Faisal, Jeddah, Jumat malam (11/9) waktu setempat atau Sabtu (12/9) dini hari WIB.

Informasi yang diperoleh dari Sekretariat Kabinet menyebutkan, Presiden Jokowi sebelumnya telah memperoleh informasi adanya musibah badai angin kencang dan hujan di Mekkah termasuk di Masjidil Haram dan pemodokan haji pada pukul 17.30 WIB. Badai itu mengakibatkan sebuah crane untuk perluasan masjidl haram patah dan runtuh menimpa jemaah haji yang tawaf, ada korban dari warga negara Indonesia.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan duka cita kepada keluarga korban termasuk dari Indonesia, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini,” kata Jokowi.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang mendampingi kunjungan Presiden di Arab Saudi mengatakan, sebetulnya Presiden ingin menjenguk korban asal Indonesia yang dirawat di Mekkah, namun hal itu sulit dilakukan karena berkaitan dengan masalah pengamanan tamu negara.

“Ketika mendapat kabar itu, Presiden sebenarnya ingin langsung menengok korban di An-Nur atas berbagai pertimbangan masalah sekuriti dari pemerintah Saudi Arabia, tidak bisa menjenguk dan perlu koordinasi yang panjang, jalan menuju Masjidil Haram macet,” kata Pramono.

Atas dasar itu, menurut Seskab, Presiden Jokowi memerintahkan Amirul Haj (Menag Lukman Hakim Saifuddin) dan Ibu Menlu (Retno Marsudi) memantau korban.

Pemerintah, kata Seskab, juga akan memberikan santunan kepada WNI yang menjadi korban dalam musibah cranejatuh itu.

Mengenai jumlah korban, menurut Seskab, saat ini Menteri Agama tengah berada di Mekkah untuk memastikannya berapa jumlah korban asal Indonesia sehingga tidak simpang siur. (T/P2/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0