Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Trans Sumatera di Jambi dan Sumut

Insaf Muarif Gunawan Editor : Ali Farkhan Tsani - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

Jokowi meresmikan beberapa ruas jalan tol di Jambi dan Sumatera Utara, Rabu (16/10/240. (Foto. YouTube Presiden)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas tol Trans Sumatera di  Jambi dan Sumatera Utara (Sumut), Rabu (16/10).

Kedua ruas tol tersebut adalah ruas Betung-Tempino seksi 3 Bayung Lencir-Tempino di Provinsi Jambi dan ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 Lima Puluh-Kisaran di Provinsi Sumut.

“Jokowi menyebut kedua jalan tol tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur Trans Sumatera,” ucap Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/10). Demikian keterangan yang diterima MINA.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan,  Tol Bayung Lencir-Tempino seksi 3 sepanjang 34 kilometer (km) dibangun di Provinsi Jambi dengan anggaran Rp5,6 triliun. Pembangunan jalan tol itu memakan waktu dua tahun untuk diselesaikan.

Baca Juga: Pemda Jabar Pelajari Mitigasi Bencana di Shizuoka Jepang

Sementara itu, jalan tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km di Sumatera Utara dibangun sejak 2018 dengan investasi Rp6,32 triliun.

Ruas Indrapura-Kisaran terdiri dari dua seksi, yakni seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 km.

Jokowi pun berharap kedua ruas tol tersebut akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Jambi maupun Sumatera Utara, sehingga memperkuat daya saing kedua provinsi tersebut.

“Ini akan menjadi daya saing dan akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Provinsi Sumatera Utara maupun yang tadi di Provinsi Jambi,” ujarnya.

Baca Juga: Ulama Aceh Asal Australia Bagikan Pengalaman kepada Mahasiswa Al Fatah

“Kita harapkan ada kecepatan dalam mobilitas orang, kecepatan dalam mobilitas barang, kecepatan dalam pengiriman distribusi logistik sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain karena persaingannya sekarang antar negara itu sangat ketat sekali,” kata Jokowi

Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan jalan tol di Indonesia melibatkan berbagai sumber pendanaan, baik dari sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Chalidin Yacob: Orang Sukses Mereka yang Berilmu dan Dekat dengan Allah

Rekomendasi untuk Anda