Presiden Jokowi Tiba di Brussels, Hadiri KTT ASEAN-UE

Presiden dan Ibu Iriana tiba di Brussels, Belgia, Selasa (13/12/2022) malam waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Brussels, MINA – Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Brussels, Belgia, sekitar pukul 18.00 waktu setempat, Selasa (13/12), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, setelah menempuh penerbangan sekitar 15 jam dari tanah air, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan tiba di Bandar Udara (Bandara) Abelag, Brussels.

Presiden Joko Widodo disambut pejabat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Belgia Anne Vandormael, Pejabat Dewan Eropa Simona Nikiforova, Duta Besar LBBP RI di Brussels Andri Hadi beserta istri, dan Atase Pertahanan KBRI Den Haag merangkap Belgia dan Luksemburg Kolonel Muhamad Wirda Prayogo beserta istri.

Baca Juga:  Perspektif Islam Terhadap Maraknya Tindak Kekerasan

Sebelumnya Presiden Jokowi menekankan, hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa harus terus diperkuat karena Uni Eropa salah satu mitra dagang strategis bagi ASEAN.

Nilai perdagangan antara ASEAN dan EU pada 2021 mencapai 268,9 miliar dolar AS, terbesar ketiga setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS).

“Foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar Dolar AS di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden.

Secara khusus, Kepala Negara juga mengharapkan agar hubungan perdagangan serta investasi antara Indonesia dengan Uni Eropa  terus meningkat.

Baca Juga:  Indonesia Tantang Guinea di Playoff Olimpiade 2024

“Tentu saja negara kita, Indonesia, ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU, dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” ucap Presiden.

Jokowi juga menyampaikan, kunjungan ke Belgia kali ini berlangsung dalam waktu singkat, tidak lebih dari 24 jam. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.