PRESIDEN MESIR JANJI BEBASKAN PARA PEMUDA

Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi. (Foto: Barcroft Media ITAR-TASS )
Presiden Abdel Fattah Al-Sisi. (Foto: Barcroft Media ITAR-TASS )

Kairo, Jumadil Awwal 1436/23 Februari 2015 (MINA) – Abdel Fattah Al-Sisi berjanji akan membebaskan orang-orang muda yang dipenjara selama penindasan Mesir terhadap oposisi, sejak ia menggulingkan pendahulunya pada 2013.

Pernyataan Presiden pada Ahad (22/2) itu, dikeluarkan setelah jaksa penuntut umum Mesir, Hesham Barakat, merujuk 215 anggota ke pengadilan atas tuduhan membentuk kelompok militan, Al Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dakwaan itu adalah langkah terbaru pemerintah dalam penumpasan berkelanjutan terhadap faksi-faksi bersenjata di negeri itu.

Barakat mengatakan dalam sebuah pernyataan, Ahad, ke-215 tersangka didakwa telah membentuk sebuah kelompok bersenjata bernama “Helwan Brigades”. Helwan adalah sebuah distrik di selatan Kairo.

Penyelidikan penuntut menyebutkan, kelompok itu bertanggungjawab atas pembunuhan sedikitnya enam polisi dan melukai beberapa warga sipil dalam serangan terpisah di Kairo.

Kelompok ini juga dituding memiliki senjata dan amunisi.

Sebanyak 125 tersangka anggota kini ditahan dan Barakat memerintahkan penangkapan anggota lainnya secara luas. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0