Presiden Mesir Minta Israel Hormati Perasaan Muslim Terhadap Situs Suci Mereka

Presiden Mesir Abdel Fattah . (Foto: Barcroft Media ITAR-TASS )

 

Kairo, MINA – Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi mengatakan bahwa kejadian tragis di Kota Al-Quds (Yerusalem) harus dihentikan, dan ia meminta otoritas pendudukan untuk menghormati perasaan Muslim terhadap tempat-tempat suci mereka.

“Tidak ada yang terlepas dari fakta bahwa perasaan Muslim perlu dihormati sehubungan dengan tempat-tempat suci mereka. adalah sesuatu yang sangat suci bagi umat Islam,” kata el-Sisi di Alexandria pada hari Senin (24/7), demikian IINA melaporkan yang dikutip MINA.

Dia mengungkapkan harapan bahwa tindakan Israel, yang memprovokasi umat Islam ke Masjid Al-Aqsha, itu segera dihentikan.

“Sangat penting untuk tidak menimbulkan masalah sensitif atau melakukan pelanggaran atau langkah yang memprovokasi umat Islam, baik mereka berada di atau seluruh dunia Islam. Marilah kita saling menghormati satu sama lain,” tambahnya.

Ia menekankan perlunya semua pihak untuk menangani masalah tersebut dengan dasar koeksistensi perdamaian.

Raja Yordan Tilpon PM Israel

Senada dengan El-Sisi, Raja Yordania Abdullah pada hari yang sama membahas melalui telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, krisis di Masjid Al-Aqsha yang menekankan perlunya menemukan solusi segera.

Berbeda dengan mayoritas negara-negara Arab, maka Yordania dan Israel menandatangani perjanjian perdamaian dan mempunyai hubungan diplomatik.

Selama percakapan telepon, Raja juga menyerukan untuk menghapus penyebab krisis yang sedang berlangsung di Al-Haram Al-Sharif untuk mengembalikan situasi sebelum pecahnya krisis tersebut, dan sepenuhnya membuka kembali Masjid Al-Aqsha, Petra melaporkan.

Selain itu, Raja juga menekankan perlunya menghapus tindakan yang diadopsi oleh pihak Israel sejak pecahnya krisis.

“Penting menyetujui langkah-langkah untuk mencegah terulangnya eskalasi tersebut di masa depan, dengan cara yang menjamin penghormatan terhadap sejarah dan Status hukum di Al-Quds,” kata Raja. (T/R01/P1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.