Presiden Resmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta

(Presiden Jokowi didampingi Menag Lukman Hakim dan Gus Sholah meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta. Foto: Kemenag/MINA)

Jakarta, 18 Rajab 1438/15 April 2017 (MINA) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sabtu,  meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta berlokasi di, di kawasan Rusun Pesakih, Jalan Daan Mogot KM 14, RW 14, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, yang mampu menampung 12.500 orang jamaah.

Menurut siaran pers  Kementerian Agama, dalam sambutannya, Pesiden  mengatakan masjid tersebut dinamakan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari karena beliau merupakan Pahlawan Nasional yang sangat mencintai negerinya dengan sepenuh hati.

“KH Hasyim juga tokoh pendiri Ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama. Beliau pula yang meletakkan pondasi dasar Islam Ramah yang moderat. Beliau pula yang meneladani dan meletakkan dasar nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai keindonesiaan. Sebuah Islam yang Rahmatan lil Alamin, yang Sesuai dengan Indonesia yang majemuk,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya di Jakarta, Sabtu (15/4).

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Plt Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sumarsono, dan KH Shalahuddin Wahid (Gus Sholah) yang mewakili keluarga Besar KH Hasyim Asy’ari.

Gus Sholah dan mantan Presiden Abdurrahman Wahid adalah cucu dari KH Hasyim Asy’ari.

Presiden Jokowi menambahkan, masjid tersebut memiliki ornamen khas budaya Betawi dan bangunannya pun berasal dari ide Rumah Bapang. Masjid yang telah dibangun sejak tahun 2013 ini menurut Jokowi ini menjadi salah satu bukti bahwa Pemprov DKI peduli dengan Islam.

Ia juga berharap keberadaan Masjid Raya ini mewarnai kehidupan beragama masyarakat yang semarak dan barokah.”Pembangunan Masjid ini juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI dalam menghargai hak beragama dan beribadah Umat Islam,” kata Jokowi.

Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta berdiri di atas lahan seluas 2,5 ha ini mempunyai 5 menara, memiliki 2 lantai, dengan luas bangunan 1,7 ha dan mampu menampung 12.500 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga terdapat ruang serba guna, ruang tambahan, ruang kelas, tempat sosial, gudang dan UKM. (L/R08/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)