Presiden Rouhani Cekcok dengan Komandan Brigade Quds Iran

Teheran, MINA – Presiden Iran Hassan Rouhani bentrok baru-baru ini dengan Jenderal Qassem Soleimani, komandan Brigade Quds Iran, atas anggaran penjaga Republik, menurut laporan media Iran.

Sebuah koran Iran yang dikutip oleh Al-Arabiya mengatakan bentrokan verbal antara kedua pemimpin terjadi pada resepsi Idul Fitri di Teheran.

Solaimani dilaporkan telah memperingatkan Rouhani agar tidak mengurangi anggaran Garda Revolusi, tetapi Rouhani tampaknya menanggapi dengan marah menurut sumber Iran seperti dilansir Arab News, Selasa (19/6).

Konfrontasi antara kedua pemimpin itu terjadi sedemikian rupa sehingga mengharuskan campur tangan Kepala Dewan Keamanan Nasional Iran Ali Shamkhani, yang merekonsiliasi keduanya.

Ketidaksepakatan pimpinan Iran tentang peran Garda Revolusi Iran, biaya operasi dan intervensi di Suriah, Irak, Lebanon, dan Yaman telah menyeruak ke permukaan baru-baru ini.

Ketegangan datang setelah Amerika Serikat memerbaharui tekanannya terhadap Teheran yang mempertanyakan perannya di kawasan itu dan dukungan diam-diamnya kepada terorisme.

Perwakilan AS di PBB, Nikki Haley, baru-baru ini mengungkapkan Iran menghabiskan lebih dari US$6 miliar (sekitar Rp84 triliun) setiap tahun untuk menjaga rezim Bashar Al-Assad di Suriah tetap langgeng, di samping satu juta lebih untuk mendukung milisi sekutu seperti Houthi di Yaman dan milisi Hezbullah di Lebanon. (T/R11/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)