Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Rusia dan Iran Bertemu di Turkmenistan

Widi Kusnadi Editor : Rudi Hendrik - 2 menit yang lalu

2 menit yang lalu

0 Views

(foto: Anadolu Agency)

Moscow, MINA – Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan rekannya dari Iran, Masoud Pezeshkian di Ashgabat, Turkmenistan. Mereka menyoroti pentingnya hubungan Rusia dengan Iran, Jumat (11/10).

Pertemuan tersebut diadakan di sela-sela forum internasional Hubungan Zaman dan Peradaban – Basis Perdamaian dan Pembangunan, untuk memperingati ulang tahun ke-300 penyair dan filsuf Turkmenistan Magtymguly Pyragy.

“Hubungan dengan Iran merupakan prioritas bagi kami, dan hubungan tersebut berjalan dengan sangat sukses,” kata Putin.

Ia menyatakan bahwa omzet perdagangan antara kedua negara telah meningkat tahun ini, setelah mengalami penurunan tahun lalu, dan mencatat tren keseluruhan yang positif.

Baca Juga: 20 Penambang Batubara Tewas oleh Serangan Militan di Pakistan

Putin menekankan keselarasan antara Rusia dan Iran dalam berbagai isu internasional, dengan menunjukkan bahwa kedua negara sering berbagi perspektif yang sama tentang peristiwa global.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Iran karena telah menjadi anggota penuh Organisasi Kerjasama Shanghai dan BRICS, dan mengundang Pezeshkian ke pertemuan puncak BRICS mendatang di Kazan pada 23-24 Oktober, di mana pertemuan bilateral lainnya direncanakan.

Pezeshkian setuju bahwa hubungan antara kedua negara membaik di seluruh bidang budaya, ekonomi, dan sosial, dan mengakui bahwa pemimpin tertinggi Iran mendorong penguatan hubungan ini.

“Prinsip dan posisi internasional kami sangat selaras dengan Anda, dan saya berharap negara kita akan segera menjadi anggota penuh BRICS juga,” tambahnya.

Baca Juga: Jerman akan Kirim Senjata Baru ke Israel

Pezeshkian terpilih sebagai presiden baru Iran pada bulan Juli setelah pendahulunya, Ebrahim Raisi, meninggal dalam kecelakaan helikopter. [Ft]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Macron: Prancis Tidak akan “Menoleransi” Serangan Israel terhadap UNIFIL

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
Internasional