Presiden Serahkan Sapi Qurban Seberat 1,88 Ton ke Masjid Istiqlal

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo menyerahkan sapi qurban seberat 1,88 ton kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal.

Sapi qurban jenis limoushin ini diserahkan Deputi Bidang Administrasi SATWALPRES Guntur Helmi kepada Menteri Agama Fachrul Razi selaku Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (30/7) .

Bersamaan dengan itu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi juga menerima hewan qurban dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin berupa sapi limoushin seberat 938 kg yang diserahkan Kepala Biro Administrasi SATWAPRES Ucu.

“Kita tahu qurban adalah kewajiban bagi mereka yang berkemampuan. Alhamdulillah Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden tidak pernah lupa selalu memberikan qurban di masjid Istiqlal,” kata Menag setelah menerima hewan qurban dari Presiden dan Wakil Presiden. Demikian dikutip kemenag.co.id.

Menag menyampaikan, pada Hari Raya Idul Adha, hewan qurban disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak. Daging hewan qurban biasanya sebagian diambil bagi mereka yang berkurban, sebagian dibagikan kepada tetangga dan teman, sebagian lagi disalurkan kepada fakir miskin.

Menag juga memberikan catatan khusus dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di tengah pandemi ini agar memberikan porsi yang lebih besar kepada fakir miskin dan masyarakat terdampak Covid-19.

“Saya selalu berpesan kepada semua umat-umat Indonesia yang berqurban bahwa dagingnya karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau pada mereka yang terdampak Covid 19.” pesannya.

Menag juga menyerahkan hewan qurbannya berupa sapi limoushin seberat 800 kg yang diterima Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (R/SRT/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.