Presiden Somalia Hadiri Sidang PBB untuk Pertama Kalinya

Presiden Somalia (foto: Anadolu Agency)

Mogadishu, Somalia, MINA – Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed pada Ahad (22/9) bertolak ke Amerika Serikat (AS) guna menghadiri Majelis Umum PBB di New York untuk pertama kalinya sejak ia menjabat pada awal 2017.

Delegasi presiden termasuk Menteri Keuangan Abdirahman Duale Beyle dan pejabat senior pemerintah lainnya, Anadolu Agency melaporkan.

“Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed dan delegasinya berangkat ke AS untuk menghadiri Majelis Umum PBB dan dia ditemani oleh menteri keuangan, direktur Gedung Negara dan pejabat senior lainnya,” kata kantor kepresidenan.

Selama kunjungan resmi pertamanya ke AS, presiden Somalia akan bertemu para pemimpin dunia di sela-sela musim ke-74 konferensi Majelis Umum PBB di New York.

Bulan lalu, Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed mengumumkan bahwa ia telah melepaskan kewarganegaraan AS nya secara sukarela.

Selama lebih dari 1.400 tahun, Islam menjadi bagian besar dari masyarakat Somalia. Hampir seluruh warga Somalia yang berjulah 10,3 juta jiwa adalah Muslim. Selain Islam, ada juga warga Somalia yang menganut Kristen dan agama lokal pribumi.

Konstitusi menetapkan Islam sebagai agama negara dari Republik Federal Somalia. Syariah Islam sebagai sumber dasar perundang-undangan nasional. Hal ini juga menetapkan bahwa hukum yang bertentangan dengan prinsip dasar syariat tidak bisa diberlakukan.

Konstitusi juga menjamin persamaan hak dan kebebasan dari perlakuan diskriminatif bagi semua warga negara di hadapan hukum tanpa memandang agama. Namun, perkembangan Islam di negara yang terletak di Tanduk Afrika ini mengalami dinamisasi. (T/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)