Presiden Somalia Lakukan Kunjungan Resmi ke Sudan

Khartoum, 6 Rajab 1437/14 April 2016 (MINA) – Presiden Somalia Dr. Hasan Syekh Mahmud, Kamis (14/4), melakukan kunjungan resminya ke Sudan untuk melakukan beberapa pertemuan dengan pejabat penting di Sudan termasuk melakukan pertemuan khusus dengan Presiden Sudan Omar Hasan Ahmad Al-Bashir.

Pertemuan tersebut untuk membicarakan topik penting antara kedua negara yang diadakan tadi malam di Istana Presiden di Khartoum.

Presiden Somalia tiba di Sudan melalui Bandara Internasional Khartoum bersama para menteri, Rabu (13/4) sore yang  disambut langsung oleh Presiden Omar Hasan bersama para kabinet menteri. Direncanakan Presiden Syekh Mahmud akan berkunjung ke Sudan selama dua hari.

Di mana beberapa hasil kunjungan Presiden Federal Somalia ke Sudan yang sempat Penulis lihat baik di media Sudan maupun Somalia versi Arab di antaranya kerjasama keamanan, politik, ekonomi, pendidikan, dan isu-isu pentingnya di kawasan Afrika Timur yang memang saat menjadi terus berlanjut khususnya di negara tentangga Somalia.

Khususnya dengan Pasukan Pemberontak Al-Sahab.

Selama melakukan Kunjungan resminya ke Sudan Presiden Somalia Dr. Hasan Syekh Mahmoud juga akan melakukan pertemuan dengan seluruh putra-putri dari negaranya yang sedang melakukan studi di berbagai kampus di Sudan, di mana akan dipusatkan di Kampus International Univesity of Africa, Khartoum Kamis ini di Hall Conference International Afrika.

Perlu diketahui saat ini jumlah Mahasiswa Somalia khususnya di IUA, Khartoum berjumlah sekitar 1.218 Orang seperti yang disampaikan langsung  dalam sambutan oleh Ketua Majelis Umana’ IUA,  Dr. Musthafa Usman Ismail di Hadapan Presiden Somalia Syekh Mahmud serta pada Menteri dan tamu undangan lainnya dan di hadapan mahasiswa/i yang hadir di acara tersebut.

Sementara itu perlu di ketahui juga salah satu dalam kabinet Presiden Somalia saat ini ada salah satu dari Alumni Mahasiswa di IUA, Afrika, Fakultas Syariah dan Hukum asal Somalia yang saat ini menjadi Menteri Dalam Negeri yang bernama Abdurrahman Muhammad Husain yang membuat para tamu undangan yang hadir terharu.

Dia mengatakan dalam sambutannya di hadapan para rektor dan dosen IUA serta mahasiswa yang hadir, ia menceritakan kisahnya dahulu pertama kali masuk kampus IUA.

Dari pantauan Koresponden MINA di lapangan melihat hampir ratusan antusias para mahasiswa memadati kampus IUA, termasuk mahasiswa asing lainya yang sampai saat ini berjumlah hampir 15 ribuan yang terbagi di beberapa fakultas dan institut, ketika kunjungan pertama kali Presiden Federal Somalia ke Sudan, khususnya ke kampus IUA, Khartoum siang tadi sebelum zuhur.

Turun mendampingi Presiden Federal Somalia dalam kunjungan resmi ke Sudan tersebut di antaranya Menlu Somalia Ahmad Ali Muhammad, Menteri Dalam Negeri Somalia Abdurrahman Muhammad Husain, Penasehat Presiden bidang Politik Aweys Hajj Yusuf, Direktur Jenderal kantor Kepresidenan Somalia Ali Muhammad Umar,  dan lainnya.(L/K06/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)