Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Terpilih Iran Dukung Lebanon Hadapi Israel

Ali Farkhan Tsani Editor : Arif Ramdan - Selasa, 9 Juli 2024 - 06:09 WIB

Selasa, 9 Juli 2024 - 06:09 WIB

64 Views

Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian (Foto: Al-Mishri al-Yaum)

Teheran, MINA – Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian menegaskan kembali dukungan negeranya tersebut terhadap kelompok Hizbullah Lebanon dalam menghadapi Israel.

Pezeshkian menyampaikan pernyataan tersebut kepada pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di kantor berita resmi IRNA, Senin (8/7). Arab News melaporkan.

Ini merupakan salah satu komentar kebijakan luar negeri pertama dari Pezeshkian sejak kemenangannya dalam pemilihan presiden putaran kedua pada hari Jumat.

Teheran memberikan dukungan finansial dan militer kepada Hizbullah, yang dibentuk atas inisiatif Garda Revolusi Iran setelah Israel menyerbu Beirut pada tahun 1982 dalam perang saudara di Lebanon.

Baca Juga: Mesir dan Saudi Dukung Lebanon, Kecam Serangan Israel

“Ini merupakan dukungan perlawanan berakar pada kebijakan fundamental Republik Islam Iran. Kami juga yakin gerakan perlawanan akan menghentikan tindakan kriminal Israel di Gaza,” ujarnya.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani mengatakan Teheran tidak akan ragu untuk mendukung bangsa Lebanon dan memperingatkan Israel akan konsekuensi dari setiap tindakan Israel terhadap Lebanon.

Pezeshkian yang reformis mengalahkan Saeed Jalili yang ultrakonservatif, dalam pemilu yang dimajukan setelah kematian presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Houthi Rilis Video Pemboman Kapal Tanker di Laut Merah

Rekomendasi untuk Anda