Presiden Trump: Korban Tsunami Selat Sunda, AS Bersamamu

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi pesan dukungan kepada korban tsunami di Selat Sunda melalui akun resmi twitternya pada Senin (24/12).

“Kehancuran tak terpikirkan dari bencana tsunami di Indonesia,” kata Trump.

Trump juga menyampaikan bela sungkawanya atas tragedi tersebut dan mendoakan kesembuhan kepada para korban yang selamat.

“Lebih dari dua ratus orang tewas dan hampir seribu orang terluka atau tidak terhitung. Kami berdoa untuk kesembuhan dan keselamatan. Amerika ada bersamamu,” kata Trump.


Sebelumnya sejumlah pemimpin dunia juga telah menyuarakan belasungkawa setelah gelombang destruktif menghantam daerah pesisir pantai barat Banten dan Lampung Selatan tersebut.

Sementara itu, Antonio Guterres, Sekertaris Jenderal Perserikat Bangsa Bangsa (PBB) berjanji untuk memobilisasi dukungan kemanusiaan jika diminta oleh Indonesia.

Guterres melalui juru bicaranya mengatakan kepada Voice of Amerika (VOA) “sedih dengan hilangnya nyawa, cedera, dan kerusakan yang disebabkan oleh tsunami dan PBB siap untuk mendukung upaya penyelamatan dan bantuan,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis pada Senin (24/12), korban meninggal 281 orang, 1.016 terluka dan 57 lain hilang dan 11.453 orang mengungsi.

Sementara itu, kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 hotel dan vila rusak, 60 warung makan dan toko rusak, 350 perahu atau kapal rusak, dan 71 unit kendaraan rusak. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)